Ordinals (ORDI) Tembus Rp1 Juta per Koin, Kapitalisasi Pasar Sentuh Rp20,6 Triliun

JAKARTA - Ordinals (ORDI), token BRC20 yang berjalan di atas jaringan Bitcoin, mencatatkan prestasi luar biasa dengan peningkatan kapitalisasi pasar hingga $1 miliar (setara Rp15,5 triliun). Naiknya market cap ORDI turut mendorong pergerakan harganya hingga menembus Rp1 juta pada pukul 01:25 dini hari, 6 Desember, berdasarkan data Coingecko. Setelah itu, kembali turun ke level Rp900 ribuan.

Dengan kapitalisasi lebih dari $1 miliar, ORDI menjadi token BRC20 pertama yang mencapai tonggak sejarah tersebut, menunjukkan potensi besar dari token yang terkait dengan Bitcoin. ORDI kini diperdagangkan di harga Rp980 ribuan per koin, naik 220% dalam sepekan terakhir.

BRC-20 adalah standar token eksperimental yang memungkinkan penciptaan dan transfer NFT melalui protokol Ordinals di blockchain Bitcoin. Standar token ini terinspirasi dari standar token ERC-20 di jaringan Ethereum, tetapi memiliki mekanisme dan fungsi yang berbeda. BRC-20 tidak menggunakan smart-contract dan memiliki fungsi yang lebih terbatas.

Salah satu faktor pendorong kenaikan harga ORDI adalah pengumuman listing di Binance, salah satu bursa kripto terbesar di dunia. Penawaran ini menjadi kunci utama dalam meningkatkan kepercayaan investor dan mendorong lonjakan harga ORDI.

Volume perdagangan Ordinals juga mengalami peningkatan signifikan, naik 12,77%, mencapai $1,27 miliar (Rp19,7 triliun). Lonjakan aktivitas perdagangan ini menunjukkan bahwa sentimen positif di sekitar pasar ORDI kemungkinan akan berlanjut. Sejalan dengan itu, kapitalisasi pasar ORDI naik 30,23%, kini mencapai $1,33 miliar (Rp20,6 triliun).