Merumput di Liga 1, Berapa Gaji Radja Nainggolan di Bhayangkara FC?

YOGYAKARTA – Eks pemain AS Roma dan Inter Milan Radja Nainggolan resmi bergabung dengan Bhayangkara FC. Nainggolan bakal memperkuat The Guardian pada putaran kedua Liga 1 musim 2023/2024. Lantas, berapa gaji Radja Nainggolan di Bhayangkara FC?

Gaji Radja Nainggolan di Bhayangkara FC

Sampai saat ini, belum ada informasi mendetail soal gaji Raja Nainggolan di Bhayangkara FC. Manajemen Bhayangkara FC hanya menyatakan bahwa pihaknya sudah mengamankan jasa eks skuad timnas Belgia tersebut

Chief Operating Officer (COO) Bhayangkara FC Sumardji menyebut Nainggolan akan memperkuat The Guardian hingga akhir musim 2023/2024.

“(Kontraknya) sampai akhir musim,” tutur Sumadji.

Akan tetapi, terdapat gambaran tentang gaji yang diterima Nainggolan selama berkarier di Eropa.

Bila dibandingkan dengan gaji yang terima pesepakbola yang berkompetisi di Liga 1 Indonesia, pendapatan Radja Nainggolan terlampau fantastis.

Punya rekam jejak yang gemilang, pemain yang dijuluki ‘Ninja’ itu menerima bayaran yang sangat besar ketika membela AS Roma dan Inter Milan.

Ketika membela AS Roma, Nainggolan dikabarkan menerima gaji sebesar 5 juta euro atau Rp72,9 miliar per tahun.

Sementara ketika memperkuat Inter Milan, Nainggolan dibayar sekitar 8,3 juta euro atau sekitar Rp140 miliar per tahun.

Saat Radja Nainggolan pulang kampung ke Belgia untuk membela Royal Antwerp pada 2022, ia menerima bayaran sebesar 38 ribu euro atau sekitar Rp650 juta per pekan.

Besaran gaji yang diterima Nainggolan kemungkinan tidak jauh berbeda ketika ia membela klub kasta kedua Italia, SPAL atau klun terakhirnya sebelum berlabuh ke Bhayangkara FC.

Gaji yang diterima Radja Nainggolan ketika membela klub-klub Eropa tidak bisa dijadikan sebagai patokan ketika ia bermain bersama Bhayangkara FC. Meski begitu, ada kemungkinan Nainggolan bakal menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Liga 1.

Karier Radja Nainggolan

Radja mengawali kariernya di akademi Germinal Beerschot. Bakatnya kemudian dilirik oleh Piacenza, salah satu klub sepak bola Italia. Kala itu, Radja Nainggolan masih berusia 17 tahun.

Bersama Piacenza, Radja membukukan 38 penampilan di Serie B. Setelah tampil menjanjikan, ia dipinjam Cagliari pada 2010 dan memulai karier di Serie A.

Radja Nainggolan kerap ditempatkan sebagai gelandang bertahan. Ia memiliki fisik yang bagus dan daya jelajah yang siginifikan di atas lapangan.

Berkat penampilannya yang impresif, Radja ditarik ke timnas Belgia senior. Ia termasuk salah satu generasi emas Belgia yang membantu negaranya menyentuh peringkat pertama FIFA.

Kepiawaiannya dalam bermain bola membuat AS Roma jatuh hati. Pada pertengahan 2014, Radja dikontrak oleh I Lupi. Radja membela AS Roma selama hamper lima musim.

Pada 2018, Inter Milan memboyong Radja Nainggolan dari As Roma. I Nerazzuri bahkan mengikat kontrak dengan durasi empat musim. 

Akan tetapi, di tegah perjalanan, Inter Milan meminjamkan Radja Nainggolan ke Cagliari dan kemudian mengakhir kontrak pada 2021.

Radja sempat pulang kampung ke Belgia. Di sana ia dikontrak Royal Antwerp untuk musim 2021/2022. Setelah bertahan selama 1,5 musim, pada Januari 2023, Radja dikontrak klub Serie B Liga Italia, SPAL. 

Akan tetapi, pada Juli 2023, Radja Nainggolan dilepas SPAL. Setelah berstatus tanpa klub, Radja bergabung dengan Bhayangkara FC untuk putara kedua Liga 1 2023/2024.

Demikian informasi tentang gaji Radja Nainggolan di Bhayangkara FC. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.