Seberapa Penting Souvenir Pernikahan yang Diberikan Pengantin kepada Tamu Undangan?

YOGYAKARTA – Sampai saat ini, pemberian souvenir kepada tamu undangan pesta pernikahan masih terus dilakukan. Namun tahukah Anda seberapa penting souvenir pernikahan sebenarnya?

Perlu diketahui, souvenir pernikahan adalah pernak-pernik yang secara spesial diberikan oleh pengantin kepada tamu undangan yang bersedia meluangkan waktu mereka untuk hadir dalam pesta pernikahan yang digelar. Bentuk souvenir yang diberikan pun beragam, biasanya berupa pernak-pernik unik.

Seberapa Penting Souvenir Pernikahan

Pada dasarnya pemberian souvenir bukan hal wajib yang harus dipenuhi. Pemberian souvenir tidak harus dilakukan. Namun bagi sebagian orang, keberadaan souvenir sangat penting karena berbagai alasan. Ada banyak alasan mengapa souvenir pernikahan harus ada yakni sebagai berikut.

  1. Bentuk Terima Kasih Kepada Tamu

Souvenir yang diberikan kepada tamu undangan pernikahan jadi salah satu cara pengantin dan keluarga berterimakasih atas kehadiran mereka. Biasanya souvenir yang diberikan bertuliskan nama pengantin dan ucapan terima kasih atas kehadiran tamu.

  1. Kenang-kenangan untuk Tamu

Souvenir pernikahan juga berfungsi sebagai kenang-kenangan atau oleh-oleh untuk para tamu. Tidak perlu mewah, pengantin bisa memberikan souvenir kecil namun sarat makna seperti buku catatan, pena, bunga, dan sebagainya.

  1. Kenang-kenangan untuk Pengantin

Selain bagi para tamu, souvenir pernikahan juga wajib ada sebagai salah satu kenang-kenangan untuk pengantin untuk mengingat momen istimewa mereka.

  1. Mempermanis Acara Pernikahan

Ada banyak cara untuk membuat pesta pernikahan makin berkesan salah satunya adalah dengan keberadaan souvenir. Souvenir biasanya dibagikan di dekat pintu masuk kepada para tamu sebanyak satu buah per undangan.

  1. Pengikat Hubungan Emosional

Bagi sebagian orang, pernikahan adalah acara sakral dan spesial. Tamu bisa ikut merasa senang atas adanya pernikahan tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan hubungan emosional antara pernikahan pengantin dan tamu adalah dengan pemberian souvenir.

  1. Bentuk Rasa Syukur

Banyak pengantin yang memberikan souvenir istimewa seperti parfum, handung, dan sebagainya. Souvenir diberikan sebagai salah satu cara pengantin bersyukur atas pernikahan mereka. Sedangkan tamu yang menerima souvenir akan merasa sangat senang.

  1. Benda Koleksi

Ternyata ada pula yang mengkoleksi souvenir pernikahan orang-orang terdekat mereka. Biasanya soivenir pernikahan tidak dibuang namun dikumpulkan untuk dipajang. Terlebih jika souvenir didapatkan dari pernikahan orang yang berarti di mata tamu.

  1. Oleh-oleh untuk Tamu yang Tidak Bisa Hadir

Souvenir juga tidak hanya diberikan kepada tamu yang hadir saja, namun bisa diberikan kepada tamu yang tidak bisa hadir karena alasan mendesak. Tamu yang tak bisa datang biasanya akan sangat berterima kasih kepada pengantin saat mereka tetap mendapat souvenir dari mereka.

Itulah informasi terkait seberapa penting souvenir pernikahan. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.