Beda Sedan dan Coupe Serupa tapi Tak Sama, Mana Mobil Idaman Anda?

YOGYAKARTA - Sedan dan coupe secara sekilas tampak serupa, namun sebenarnya tidak sama. Saat ini telah hadir coupe dengan desain empat pintu mirip sedan, yaitu CLS-Class dan Mercedes-Benz CLA-Class. Bagi para penggemar mobil beratap rendah, Anda perlu tahu beda sedan dan coupe.

Coupe menjadi mobil idaman oleh sebagian orang yang belum berkeluarga atau sekadar jadi koleksi kendaraan di rumah. Karena ukurannya yang kecil dan desain slim, mobil jenis ini dirancang untuk tumpangan perorangan dengan kapasitas 1-2 orang saja. Mobil coupe banyak diproduksi karena permintaannya yang cukup tinggi. 

Bagi orang awam memang mobil sedan dan coupe memiliki bentuk atau desain yang tidak jauh berbeda. Untuk mengetahui beda sedan dan coupe, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. 

Perbedaan Sedan dan Coupe

Mobil sedan dan coupe memiliki banyak persamaan pada bagian fisik dan desain eksteriornya. Namun jika diperhatikan secara lebih detail, kedua mobil ini menawarkan perbedaan yang jelas. 

Berikut ini beda sedan dan coupe yang perlu Anda tahu sebelum membeli mobil tipe ini:

Jumlah Pintu

Perbedaan yang paling mudah dilihat antara mobil sedan dan coupe adalah pada jumlah pintunya. Setiap unit mobil sedan umumnya dibuat dengan 4 pintu, terlepas dari adanya pintu bagasi. Berbeda dengan mobil coupe yang biasanya hanya tersedia 2 pintu.

Dua pintu pada mobil coupe dibuat untuk akses masuk pengemudi dan satu penumpang depan. Selain itu, pintu pada mobil coupe umumnya dirancang dengan ukuran yang lebih panjang untuk menyuguhkan kesan mewah.

Performa Mesin

Perbedaan selanjutnya dari mobil sedan dan coupe terletak pada performa mesinnya. Secara sederhana, mobil coupe yang hanya berkapasitas 2 penumpang dapat memberikan akselerasi yang lebih besar. Performa yang lebih baik tersebut karena beban yang lebih ringan dibandingkan mobil sedan. 

Sementara sedan merupakan mobil yang dirancang untuk fokus pada kenyamanan berkendara. Selain itu, mobil ini juga desain dengan memperhatikan faktor keamanan yang lebih tinggi pada setiap bagian kursinya.

Kursi Penumpang

Bagian kursi penumpang pada mobil sedan dan coupe juga memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Mobil sedan didesain dengan tempat duduk berjumlah 4 dan bisa ditumpangi hingga 5 orang. Namun disarankan untuk tidak membawa penumpang lebih dari empat demi kenyamanan dan keamanan berkendara.

Sementara pada mobil coupe biasanya hanya tersedia 2 kursi utama, yaitu satu untuk pengendara dan satunya kursi penumpang depan. Meskipun demikian, produsen mobil ini telah mengembangkan desainnya dengan tambahan 2 kursi di bagian belakang berukuran minimalis.

Kapasitas Kargo

Untuk membedakan sedan dan coupe, Anda juga bisa melihat dari ukuran kargonya. Kargo yang dimaksud adalah kapasitas mobil yang terletak di belakang kursi kemudi. Ukuran maksimal kargo mobil coupe yakni 33 kaki persegi. Apabila ukuran kargo mobil sudah melebihi itu maka sudah termasuk tipe mobil sedan.

Segmentasi Pasar

Coupe memang kurang cocok dijadikan mobil keluarga untuk perjalanan jarak jauh. Namun mobil jenis ini memiliki daya tarik tersendiri, sehingga mempunyai segmentasi pasar tersendiri. 

Mobil coupe didesain dengan tampilan mewah yang memiliki kesan dinamis dan sporty. Sementara mobil tipe sedan lebih identik sebagai kendaraan keluarga modern kecil atau medium yang beranggotakan 3-4 orang. 

Demikianlah ulasan beda sedan dan coupe yang perlu dipahami oleh penggemar mobil beratap rendah. Selain kedua jenis mobil tersebut yang sulit dibedakan, banyak orang juga bingung membedakan antara sedan dengan mobil liftback. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.