Subaru Forester Generasi Terbaru Dikabarkan Miliki Powertrain Hybrid dari Toyota

JAKARTA - Untuk pasar Amerika Serikat, Forester telah menjadi salah satu kendaraan Subaru terlaris selama hampir 30 tahun, dengan lebih dari 2,6 juta kendaraan terjual di AS saja.

Pada pameran Los Angeles Auto Show 2023 yang kini berlangsung, Subaru Amerika, Inc meluncurkan All New Forester 2025. SUV generasi keenam ini menawarkan fitur tercanggih, desain modern, dan peningkatan kenyamanan berkendara dalam sejarahnya.

Forester terbaru ini hanya akan ditawarkan di Amerika Serikat, dengan mesin bensin 2,5 liter natural-aspirated flat-four yang menghasilkan tenaga 180 hp dan torsi 241 Nm, dipadukan dengan CVT dan AWD.

Namun ada kabar yang beredar jika Subaru Forester generasi selanjutnya akan mendapatkan powertrain hybrid pada tahun 2025, dengan baterai dan komponen akan bersumber dari Toyota.

Dikutip dari laman CarBuzz, Senin, 20 November, Subaru akan memperkenalkan versi hybrid dari crossover kompak ini setahun setelah kedatangan generasi berikutnya. Namun tak banyak informasi yang didapat.

“Kami belum mengumumkan apapun mengenai spesifikasi atau performa, tapi itu akan terjadi (menggunakan komponen Toyota) yang dipadukan dengan mesin boxer,” ungkap COO Subaru Amerika, Jeff Walters.

Seperti diketahui Toyota adalah salah satu pemilik saham terbesar Subaru, kedua produsen tersebut telah bekerja sama dalam beberapa waktu, contohnya proyek bersama di masa lalu adalah duo 86 dan BRZ, hybrid plug-in Crosstrek Hybrid dan yang terbaru, BRZ dan GR86 generasi kedua, serta pasangan bZ4X dan Solterra.

“Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai hal ini, namun kami telah memiliki hibrida plug-in Crosstrek yang merupakan sistem baterai yang bersumber dari Toyota,” tambah Walters.

Kehadiran mesin hybrid Subaru masih menjadi rahasia, tapi Walters menjelaskan bahwa akan banyak kendaraan baru yang lahir dari kerjasama dengan Toyota, hingga tahun 2028 mendatang.

Sementara itu di Indonesia sendiri saat ini Subaru Forester saat di dijual dengan harga Rp659 jutaan.