Presiden Jokowi Sampaikan Keprihatinan Mendalam atas Situasi Palestina di KTT OKI

JAKARTA - Presiden Indonesia, Joko Widodo, terlihat merangkul Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, sambil menyampaikan keprihatinan mendalam atas peristiwa yang terjadi di Palestina.

Pertemuan antara Jokowi dan Presiden Abbas terjadi di sela Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di King Abdulaziz International Convention Center, Riyadh, Arab Saudi, Sabtu 11 Novcember waktu setempat, berdasarkan keterangan foto yang dibagikan oleh Biro Pers Sekretariat Presiden di Jakarta.

Jokowi, sebelum berangkat ke Riyadh dari Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat malam, menyatakan bahwa KTT Luar Biasa OKI sangat penting sebagai upaya tambahan untuk menghentikan serangan Israel terhadap bangsa Palestina.

Dalam KTT tersebut, Jokowi menyatakan niatnya untuk mempertegas seruan agar gencatan senjata dilaksanakan dan bantuan kemanusiaan dapat diperbesar.

Presiden Jokowi tiba di Riyadh, Arab Saudi, pada Sabtu pagi, setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 11 jam dari Indonesia. Setelah itu, Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Washington D.C, Amerika Serikat, pada 12 November 2023, untuk bertemu dengan Presiden AS, Joe Biden.

Pertemuan bilateral dengan Joe Biden dijadwalkan untuk dimanfaatkan oleh Jokowi untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai situasi di Gaza, daerah konflik di Palestina.

"Kunjungan ini merupakan kesempatan yang baik untuk menyampaikan langsung hasil KTT OKI di Riyadh, yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan," ujar Presiden Jokowi.