Suzuki GSX-S1000GX 2024 Resmi Meluncur di EICMA 2023

JAKARTA - Suzuki secara resmi memperkenalkan salah satu motor terbaru bergaya sport crossover, yaitu GSX-S1000GX dalam gelaran otomotif roda dua, EICMA 2023, di Milan, Italia. Motor ini menawarkan performa berkendara yang andal dengan beberapa fitur canggih yang tertanam di dalamnya.

Dari laman resmi perusahaan, pada Selasa, 7 November, terungkap bahwa motor ini hadir dengan desain agresif yang diperkuat dengan sentuhan tajam di sekitar bodywork, serta dilengkapi dengan pencahayaan LED yang modern pada bagian depan dan belakang.

Selain itu, pelindung tangan dan rak bagasi telah dipasang sebagai perlengkapan tambahan untuk mendukung kebutuhan berkendara jarak jauh.

Model ini mengadopsi sistem Suzuki Advanced Electronic Suspension (SAES) dengan suspensi depan 150mm dan suspensi belakang yang andal dalam menaklukkan jalanan berbatu atau permukaan tidak rata. SAES dilengkapi dengan empat mode: Hard, Medium, Soft, dan pengaturan personalisasi sesuai preferensi pengendara.

Suzuki memperkuat sistem inovatifnya dengan melengkapi motor ini dengan IMU Bosch enam sumbu dan suspensi elektronik andal dari Showa.

Pengaturan preload pegas suspensi belakang juga dikontrol secara elektronik, memudahkan pengendara untuk dengan cepat memilih mode otomatis atau salah satu dari empat mode yang tersedia, sesuai dengan preferensi mereka.

Pabrikan Jepang juga memperkenalkan Suzuki Road Adaptive Stabilization (SRAS), yang berfungsi mendeteksi permukaan jalan yang tidak rata berdasarkan masukan dari sistem. Hal ini didukung oleh Suzuki Floating Ride Control (SFRC), yang meningkatkan kenyamanan perjalanan dan mengatur pengaturan katup throttle elektronik untuk respon gas yang lebih terkendali.

GSX-S1000GX juga dilengkapi dengan Suzuki Drive Mode Selector versi alpha, yang menyediakan tiga mode berkendara: Active, Basic, dan Comfort. Ketiga mode ini mengontrol karakteristik keluaran tenaga, serta tingkat kontrol traksi, yang pada GX terintegrasi dengan Lift Limiter (anti-wheelie) dan Roll Torque Control, serta pengaturan suspensi elektronik.

Beralih ke posisi pengendara, motor ini dilengkapi dengan layar TFT berwarna 6,5 inci yang mendukung konektivitas ponsel, memungkinkan pengendara untuk mengakses peta, melihat kontak, dan menerima panggilan telepon melalui Suzuki mySPIN.

Motor ini didukung oleh mesin 4-silinder segaris 999 cc yang mampu menghasilkan daya sebesar 152 hp pada 11.000 rpm dan torsi 106 Nm pada 9.250 rpm.

Tersedia dalam beragam varian warna, seperti Metallic Triton Blue, Glass Sparkle Black, dan yang terbaru Pearl Matt Shadow Green, GSX-S1000GX dijual dengan harga 14.499 poundsterling atau setara dengan Rp278,7 jutaan.