CEO Google Kritik Microsoft dalam Pertempuran Antitrust dengan Pemerintah AS

JAKARTA - Sundar Pichai, CEO Google, mengkritik browser Microsoft pada Senin 30 Oktober, dalam pertempuran antitrust yang langka dengan pemerintah AS. Ia juga mengklaim bahwa browser dan penelusuran internet perusahaannya mudah digunakan dan aman.

Pichai bersaksi dalam sidang yang akan menentukan apakah Google bertindak secara ilegal untuk mempertahankan dominasinya dalam penelusuran online dan sebagian iklan penelusuran. Jika pemerintah menang, Google mungkin terpaksa menghentikan beberapa praktik bisnis yang telah membantunya tetap berada di puncak.

Dalam kesaksiannya pada Senin, Pichai membuat beberapa serangan terhadap browser Microsoft, Internet Explorer.

Sebelum Google meluncurkan browser Chrome-nya, yang bersaing dengan produk Microsoft, Pichai mengatakan, "Pasar browser saat itu agak stagnan.

"Mereka (Microsoft) tidak begitu termotivasi untuk meningkatkan browser," tambahnya. Ia juga menyebut Chrome sebagai "peningkatan yang cukup dramatis" ketika diluncurkan pada tahun 2008.

Dia juga mengatakan bahwa Google membuatnya mudah untuk mengubah browser Chrome jika pengguna ingin menggunakan mesin pencari selain Google.

Pichai, yang dipanggil sebagai saksi untuk Google, kemungkinan besar akan ditanyai tentang investasi perusahaan untuk menjaga dominasi mesin pencari online, terutama ketika ponsel pintar mulai mendominasi dan inovasi dalam iklan penelusuran.

Pemerintah, dalam pemeriksaan silang, kemungkinan juga akan bertanya tentang miliaran dolar yang dibayarkan setiap tahun kepada pembuat smartphone seperti Apple dan operator nirkabel seperti AT&T untuk menjadi pengaturan pencarian default pada perangkat mereka guna tetap berada di atas.

Kedudukan dalam pencarian membuat Google menjadi pemain kakap di pasar iklan yang menguntungkan, sumber pendapatan terbesarnya.

Google telah berpendapat bahwa perjanjian pembagian pendapatan tersebut legal dan bahwa perusahaan telah menginvestasikan banyak untuk menjaga bisnis penelusuran dan iklannya tetap kompetitif. Perusahaan juga berargumen bahwa jika orang tidak puas dengan mesin pencari default, mereka dapat, dan melakukannya, beralih ke penyedia pencarian lain.