7 Tips Memilih Lokasi Kios untuk Bisnis

YOGYAKARTA – Cara memilih lokasi kios untuk bisnis sangat penting untuk diperhatikan, sebab hal ini merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha yang Anda jalankan.

Sebelum memilih kios untuk bisnis, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis bisnis yang akan Anda jalankan. Apakah akan bergerak di bidang retail jasa, food and beverages atau lainnya. Hal ini akan sangat penting, karena dapat membantu dalam mempersempit pemilihan lokasi usaha.

Tips Memilih Lokasi Kios untuk Bisnis

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 16 Oktober 2023, berikut tips memilih lokasi kios untuk bisnis:

  1. Pertimbangkan aksesibilitas tempat usaha

Ketika mencari kios untuk usaha atau bisnis, pilihlah tempat yang mudah dijangkau dan terlihat oleh masyarakat yang melintas.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memilih kios yang memiliki area parkir luas. Hal ini untuk memudahkan pelanggan yang membawa mobil. Pertimbangkan juga tingkat kemacetan jalan di depan kios dan fasilitas yang tersedia untuk pejalan kaki.

  1. Perhatikan spesifikasi bangunan

Cara memiliih lokasi kios untuk bisnis yang kedua adalah memperhatikan spesifikasi bangunan. Usahakan memilih kios yang memiliki fasilitas dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Misalnya, daya listrik, telekomunikasi dan lain sebagainya.

Semakin lengkap fasilitas yang sediakan, semakin minim biaya renovasi yang bakal Anda keluarkan.  

  1. Pertimbangkan jarak kompetitor

Ketika ingin menyewa kios untuk bisnis, Anda perlu mempertimbangkan jarak kompetitor.

Pilihlah tempat usaha yang jaraknya jauh dengan kompetitor agar Anda bisa mendatangkan pengunjung yang lebih banyak.

  1. Perhatikan lingkungan kios

Berikutnya, Anda juga perlu memperhatikan lingkungan kios. Kondisi lingkungan sekitar kios bisa menentukan keputusan konsumen untuk membeli produk Anda.

Misalnya, bila Anda ingin membuka café, maka lokasi yang dipilih adalah yang dekat dengan kampus atau sekolah.

  1. Memiliki izin bangunan

Pilihlah kios yang sudah memiliki izin bangunan, seperti Persetujuan Bangunan Gedung atau PBG (dulu IMB/Izin Mendirikan Bangunan). Hal ini untuk menghindari permasalahan ketika akan mengajukan perizinan berusaha.

  1. Perhatikan struktur kios

Sebelum menyewa kios, pastikan tidak ada yang bocor, tidak banyak rayap dan lain sebagainya. Hal ini membantu untuk menghindari kerugian lebih lanjut. Perhatikan dengan seksama, baik untuk akses pemasaran dan kondisi kios.

  1. Perhatikan kebersihan di lingkungan sekitar kios

Bila pemilihan lokasi kios untuk bisnis hampir mencapai final, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan lingkungan di sekitarnya. Tempat usaha yang bersih, rapi, dan tertata dengan baik akan jauh lebih mendatangkan konsumen.

Oleh sebab itu, hindari memilih kios yang dekat dengan tempat pembuangan sampah atau tempat dengan bau menyengat lainnya. Pastika juga apakah usaha disekitar Anda menghasilkan limbah yang menganggu atau tidak.

Demikian informasi tentang tips memilih kios untuk bisnis. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.