Dogecoin Ciptakan Rekor Baru Setelah Snoop Dogg Ikut Nge-Tweet

JAKARTA - Dogecoin, mata uang kripto dengan logo anjing Shiba Inu ini sedang naik daun dan menyentuh rekor tertingginya pada hari Senin, 8 Februari. Meskipun rekor tersebut tak bertahan lama, peningkatan tersebut tak bisa dilepaskan dari peran beberapa tokoh yang ‘mengiklankan’ Dogecoin lewat Twitter.

Diawali oleh Elon Musk yang membagikan cuitan mengenai Dogecoin pada pertengahan Desember 2020. Saat itu, nilai tukar Doge naik drastis hingga mencapai 150 persen dalam waktu beberapa pekan saja.

Setelah itu,  nilai tukar Doge memang sempat turun. Akan tetapi, Doge kembali mencuri perhatian usai  Musk, Snoop Dog dan basis grup band rock Kiss, Gene Simons, kembali membagikan cuitan terkait mata uang kripto ini.

Melansir Bloomberg, nilai tukar Doge naik hingga mencapai 8,2 sen dolar Amerika Serikat (AS) dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai 10,5 juta dolar AS. Selanjutnya, nilai Doge kembali turun. Berdasarkan pantauan terakhir, nilai tukar Dogecoin kini mencapai 8 sen dolar AS.

Menurut data CoinGecko, mata uang kripto Doge menempati sepuluh besar berdasarkan nilai pasar. Berdampingan dengan Ethereum dan Bitcoin. Diketahui, nilai Bitcoin juga turut meningkat drastis usai Tesla Inc. mengungkapkan sudah melakukan pembelian dengan total nilai 1,5 miliar dolar AS.

Peningkatan Dogecoin yang cukup mengejutkan karena dorongan media sosial merupakan salah satu contoh kebangkitan mata uang kripto selama setahun terakhir. Dua koin terbesar, Bitcoin dan Ether, sama-sama mencapai puncak dalam beberapa pekan terakhir.

Hanya saja, berlangsung pula perdebatan yang memprediksi masa depan kedua mata uang kripto tersebut. Apakah keduanya bakal masuk dalam radar investasi jangka panjang atau cuma sekadar meningkat akibat gelombang pembelian spekulatif di dalam kondisi yang penuh stimulu, masih belum bisa ditentukan saat ini.

Manajer investasi kondang Bill Miller baru-baru ini sudah mencadangkan portolio pendanaan dengan investasi Bitcoin secara tidak langsung lewat Grayscale Bitcoin Trust. Miller dikenal sebagai salah satu pendukung awal Bitcoin dan investor kondang. Pada 2014, dirinya menyatakan bahwa punya mata uang kripto sendiri.