Inilah Fungsi Kamera 360 di Mobil: Memudahkan Pengemudi Memantau Kondisi Sekitar

YOGYAKARTA – Tren penggunaan kamera 360 derajat atau around view monitor di mobil semakin meningkat. Fitur ini dapat memudahkan pengemudi untuk memantau kondisi sekitar melalui layar monitor. Nah, dalam artikel kali ini akan diulas fungsi kamera 360 di mobil, baca terus untuk mengetahuinya.

Fungsi Kamera 360 di Mobil

Sebagai informasi, kamera 360 adalah sistem yang dipasang pada area  tertentu di mobil. Fitur ini menawarkan kemampuan memberikan visibilitas mobil dalam tampilan 360 derajat.

Pemasangan kamera 360 di mobil biasanya ditempatkan di beberapa titik seperti spion, grill dan bagian belakang mobil. Fiturnya dibekali perangkat lunak yang dapat memperlihatkan setiap sisi mobil seperti pandangan satelit atau drone. Ada beberapa sudut yang dicakup kamera ini seperti depan, belakang kiri, dan kanan.

Fungsi utama kamera 360 di mobil adalah untuk menangkap gambar dari segala sudut di sekitar mobil. Dengan kata lain, fitur kamera 360 menjadi salah satu fitur keselamatan penting dalam berkendara.

Penggunaan around view monitor akan sangat membantu Anda ketika memasuki persimpangan yang sempit dan juga padat, memudahkan parkir di area yang sempit, dan lain sebagainya.

Biasanya, kamera 360 derajat juga dibekali dengan sensor yang dapat mengeluarkan bunyi ketika jarak mobil dengan objek semakin mendekat.

Fungsi kamera 360 di mobil yang lainnya adalah dapat mendeteksi orang di sekitar terutama pejalan kaki dan anak-anak.  

Cara Menggunakan Fitur Kamera 360 di Mobil

Cara menggunakan fitur kamera 360 di mobil berbeda-beda, tergantung dari jenis mobilnya. Akan tetapi, secara umum fitur kamera 360 dapat dinyalakan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Memindahkan tuas transmisi ke posisi R (Reverse).
  • Menghidupkan sein ketika mendahului kendaraan.
  • Menghidupkan lampu hazard.

Ketiga cara di atas merupakan kecil bagaimana mengaktifkan fitur kamera 360 di mobil. Bila Anda mempunyai fitur versi aftermarket, pengoperasian fiturnya akan sangat mudah.

Kualitas gambar yang ditampilkan oleh kamera 360 juga berbeda-beda pada tiap mobil, tergantung dari kualitas kamera dan head unit yang digunakan. Semakin mahal harga perangkatnya, semakin baik kualitas gambar yang dihasilkan.

Kelebihan Fitur Kamera 360 di Mobil

Seperti yang sudah disinggung di atas, kamera 360 derajat mobil adalah fitur yang memudahkan pengemudi ketika mengoperasikan kendaraan di jalanan yang ramai.

Selain itu, pemasangan kamera 360 mobil juga memiliki beberapa keunggulan lain, seperti:

  • Punya sudut pandang luas tanpa titik buta: Kamera 360 derajat dapat menangkap bidang yang luas atau memberikan sudut pandang untuk pengemudi tanpa titik buta.
  • Pengemudi memiliki visibilitas yang lebih tinggi: Kamera 360 memberikan visibilitas yang lebih tinggi untuk pengemudi. Pasalnya, fitur ini memungkinkan membuat penayangan langsung dan rekaman dari sudut tertentu.
  • Minim biaya perawatan: Lebih sedikit infrastruktur yang dipasang untuk melihat area tertentu dan mampu meminimalkan biaya perawatan selama masa pakai sistem.
  • Masa pakai lama: Kamera 360 ​​derajat tidak mempunyai bagian yang bergerak dan tidak cepat aus, sehingga dapat menghindari lag (latensi) dan masa pakainya cenderung lama.

Demikian informasi tentang fungsi kamera 360 di mobil. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.