Kapan Harus Ganti Filter Udara Motor: Jangan Anggap Remeh Kalau Gak Mau Menyesal Nantinya!

YOGYAKARTA - Filter udara sepeda motor sering luput dari perhatian walaupun telah sangat kotor. Sementara itu, tenaga mesin dihasilkan sebab adanya pembakaran yang dibantu oleh udara. Tipe udara yang digunakan butuh disaring terlebih dahulu, supaya udara yang masuk ke dalam ruang bakar kualitasnya dapat bebas debu serta kotoran. Jadi, kira - kira kapan harus ganti filter udara motor?

Bagaikan badan, mesin kendaraan ialah bagian dari jantung serta filter udara ialah paru- paru. Apa yang berlangsung apabila filter tersebut dibiarkan kotor, nyatanya bakal mengusik performa dari organ yang lain. Perihal ini yang pasti tidak kita mau terjadi pada sepeda motor kita, bukan?

Oleh karenanya, tidak hanya dibersihkan saringan udara pula butuh diganti secara berkala. Apabila dibiarkan, maka konsumsi udara ke mesin menurun serta pembakaran jadi tidak optimal. Usia pakai filter udara dalam buku panduan owner sepeda motor biasanya berkisar 16 ribu km. Tetapi, apa sajakah ciri- ciri yang butuh diketahui supaya kita dapat dengan sigap lekas mengubah filter udara motor?

Gambar Motor Gijs Coolen - Unsplash

Kapan Harus Ganti Filter Udara Motor

Boros Bahan Bakar

Mengkonsumsi bensin motor lebih banyak dari umumnya yakni ciri ada suatu yang salah. Filter udara berkontribusi pada efisiensi bahan bakar, filter kotor dapat membatasi aliran oksigen. Supaya senantiasa berjalan, mesin wajib membakar lebih banyak bensin buat menanggulangi minimnya oksigen yang masuk.

Suara Mesin Yang Tidak Halus

Sebuah mesin yang memiliki aliran oksigen bagus bakal bersuara halus. Bila saat motor dinyalakan serta muncul getaran ataupun suara nyaring dari mesin, bisa jadi perihal ini dipicu oleh keadaan filter udara yang jelek.

Pemicu utama permasalahan ini yakni busi yang kotor dipicu oleh terhambatnya aliran udara. Bila memanglah filter wajib diganti, hendaknya cek pula keadaan busi. Mengubah 2 suku cadang ini bakal membuat suara mesin lebih halus.

Tampilan Yang Telah Kotor serta Menghitam

Saat sebelum mengidentifikasi karakteristik kerusakan lebih dalam, sangat gampang yakni memandang dari tampilan filter udara yang kotor. Filter udara yang terpelihara ataupun baru diganti mempunyai tampilan yang bersih, tidak ada debu yang melekat serta tidak berupa coklat ataupun gelap.

Suatu pemeriksaan visual dapat jadi penegas keadaan filter yang kurang baik. Senantiasa periksa filter di bawah cahaya terang. Bila muncul kontaminan semacam debu serta pasir, maka saatnya filter wajib dibersihkan.

Knalpot Mengeluarkan Asap Hitam

Dikala oksigen susah mencapai mesin, bensin tidak bakal terbakar dengan rasio yang sesuai. Perihal ini dapat merangsang bensin merembes serta keluar melalui knalpot. Kalian bisa jadi pula bakal mendengar suara ledakan sebab bensin dibakar melalui panas knalpot serta muncul asap hitam.

Permasalahan ini memicu boros bahan bakar serta beragam bahaya lain baik pada motor ataupun lingkungan. Yakinkan buat mengecek filter udara bila keluar asap yang tidak biasa dari knalpot. 

Jadi setelah mengetahui kapan harus ganti filter udara motor, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!