Knalpot Motor Ngebul Mengeluarkan Asap, Ketahui Penyebabnya

YOGYAKARTA - Knalpot motor yang ngebul atau mengeluarkan asap putih menjadi pertanda ada yang bermasalah pada kendaraan. Pada sistem pembakaran motor 2 tak, keluarnya kepulan asap putih merupakan hal yang normal. Namun jika kondisi ini terjadi pada motor 4 tak atau matic, maka berarti terdapat problem di bagian mesin. Lantas apa penyebab knalpot motor ngebul?

Munculnya kepulan asap pada knalpot motor tidak hanya mengganggu pemilik kendaraan, namun juga membuat orang di sekitarnya jadi tidak nyaman. Apabila kondisi ini dibiarkan berlarut-larut maka bisa mengakibatkan kerusakan lebih parah pada motor. Untuk mengatasi dan mencegah permasalahan tersebut, setiap pemilik motor perlu tahu penyebab knalpot motor.

Penyebab Knalpot Motor Ngebul

Jika knalpot motor Anda mengeluarkan asap, maka Anda perlu segera mencari tahu permasalahan dan mengatasinya. Jangan sampai kondisi tersebut Anda abaikan hingga kerusakan pada motor bertambah parah, hingga membuat Anda mengeluarkan banyak uang untuk biaya perbaikan. 

Keluarnya asap di knalpot bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

Seal Katup Mengalami Kebocoran

Seal katup berperan dalam mengatur aliran udara ke ruang pembakaran di dalam mesin. Jika seal katup mengalami pengerasan, maka dapat menyebabkan terjadinya kebocoran udara. Kondisi menyebabkan masuknya minyak ke dalam manifold. 

Seal katup bisa bocor disebabkan oleh penggunaan sepeda motor dalam jangka waktu yang lama. Seiring berjalannya waktu, seal katup akan mengalami penurunan kekencangan. Untuk mengatasi masalah ini, maka Anda perlu mengganti seal katup yang rusak dengan yang baru. 

Ruang Pembakaran Bermasalah

Seiring lamanya pemakaian motor, ruang pembakaran mengalami degradasi dan pengendapan. Pada akhirnya kondisi dapat menyebabkan ruang pembakaran jadi berkerak dan lapuk, sehingga mengeluarkan asap dari knalpot.

Penumpukan kerak pada ruang pembakaran disebabkan kurangnya perawatan dan penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai untuk kendaraan. Pemilihan bahan bakar yang tidak sesuai mengakibatkan pembakaran berjalan tidak sempurna, sehingga membentuk kerak di dalam mesin.

Ring Piston Aus

Ring piston yang aus dapat mengakibatkan masuknya oli ke dalam ruang pembakaran. Salah satu fungsi ring piston adalah untuk mencegah oli masuk ke dalam ruang pembakaran. Jika ring piston sudah aus, maka akan ada celah dalam sistem mesin motor. Oli pun bisa merembes ke ruang pembakaran. 

Oli yang bercampur dengan bahan bakar di ruang pembakaran akan menghasilkan asap putih tebal yang keluar dari knalpot. Cara untuk mengatasi masalah ring piston yang aus adalah dengan menggantinya dan perlu membongkar mesin terlebih dahulu.

Liner Mesin Sudah Aus

Kondisi aus pada silinder atau liner mesin juga bisa menyebabkan oli masuk ke dalam ruang pembakaran. Hal ini juga akan mengakibatkan knalpot jadi ngebul atau mengeluarkan kepulan asap putih. 

Solusi untuk mengatasi masalah liner mesin aus adalah dengan melakukan bore up atau bubut silinder. Proses pembersihan atau perbaikan liner ini harus dilakukan oleh seorang ahli mekanik atau otomotif dan memerlukan proses turun mesin.

Kondisi Oli Mesin Encer

Oli yang digunakan untuk mesin motor harus memenuhi standar tingkat keenceran berdasarkan rekomendasi SAE. Oli yang terlalu cair kemungkinan disebabkan karena oli jarang atau tidak pernah diganti. Akibatnya oli menjadi kotor atau bahkan habis, sehingga tidak ada pelumasan pada mesin ketika proses pembakaran. 

Kondisi oli mesin encer akan mengakibatkan knalpot jadi ngebul. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mengganti oli mesin dengan yang baru. Jadi pastikan Anda melakukan penggantian oli secara teratur, setiap 2 bulan sekali atau setelah menempuh jarak sekitar 1500 km.

Tune Up Mesin Berlebihan

Melakukan tune up yang berlebihan pada motor juga dapat menjadi penyebab knalpot berasap. Kondisi ini terjadi karena pengaturan yang tidak sesuai dengan mesin, sehingga kinerja mesin jadi berat.

Tune up yang tidak sesuai bakal mengakibatkan proses pembakaran menjadi tidak stabil, sehingga mesin semakin panas. Sepeda motor akan mengeluarkan kepulan asap saat digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengembalikan pengaturan mesin ke standar performa yang sesuai.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab knalpot motor ngebul atau mengeluarkan asap. Apabila muncul kepulan asap dari knalpot motor Anda, maka sebaiknya segera cari tahu penyebabnya atau dibawa ke bengkel untuk diperbaiki. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.