Lezat dan Kaya Rasa, Ini 7 Makanan Khas Meksiko yang Wajib Kamu Coba

JAKARTA - Selain terkenal dengan pusat perbelanjaan dan destinasi wisatanya, Meksiko menyimpan berbagai kuliner sedap yang menggugah selera. Negara yang terletak di Amerika Utara ini menyimpan segudang keindahan termasuk sejarah budaya dan beragam tempat wisata yang menarik untuk didatangi. 

Namun tahukah Anda bahwa selain hal tersebut, kuliner Meksiko juga dikenal lezat. Jika Anda berkunjung ke Meksiko, berikut makanan yang  wajib dicoba.

Chilaquiles

Hidangan sarapan tradisional yang populer ini menyajikan tortilla jagung yang dipotong menjadi empat bagian. Dan di atasnya terdapat topping telur orak arik atau ayam goreng tepung yang dipotong kecil-kecil, diberi salsa hijau atau merah, serta keju dan krim. Chilaquiles sering disajikan dengan frijoles (kacang refried) agar makin nikmat.

Pozole

Menurut para antropolog, sup pra-Hispanik ini pernah digunakan sebagai bagian dari ritual pengorbanan. Bubur jagung ini terbuat dengan banyak bumbu dan rempah, hidangan ini secara tradisional direbus selama berjam-jam, seringkali semalaman. Setelah siap dihidangkan, taburkan selada, lobak, bawang bombay, jeruk nipis, dan cabai di atasnya.

Nachos

Siapa yang tidak tau nachos? Makanan yang satu ini merupakan camilan favorit di Meksiko dan negara-negara lain termasuk Indonesia. Nachos merupakan salah satu makanan siap saji yang biasa disajikan dengan aneka daging, acar, jalapeno, kacang, sama irisan buah zaitun.

Quesadila

Roti isi yang satu ini juga merupakan salah satu makanan khas Meksiko yang wajib untuk Anda coba apabila berkunjung. Memiliki banyak versi, makanan ini terbuat dari tortila yang diberi isian keju dan berbagai sayuran lain.

Enchilada

Enchiladas merupakan makanan yang terbuat dari tortilla jagung dan biasa disajikan dengan siraman saus tomat dan cabai. Saus ini memberikan cita rasa pedas yang nikmat.

Tacos al pastor

Hidangan bersejarah ini adalah salah satu jenis taco paling populer, yang berasal dari tahun 1920-an dan 30-an dan berasal dari imigran Lebanon dan Suriah ke Meksiko. Untuk membuat tacos al pastor, potongan daging tipis diiris, diletakkan di atas tortilla jagung dan disajikan dengan bawang bombay, daun ketumbar, dan nanas.

Guacamole

Tidak diragukan lagi, guacamole merupakan salah satu makanan khas meksiko dan hidangan paling populer. Siapa sangka ternyata makanan yang berupa saus tradisional ini berasal dari zaman suku Aztec. Terbuat dari alpukat, bawang bombay, tomat, jus lemon, dan cabai yang dihaluskan (dan terkadang satu atau dua siung bawang putih), guacamole sering dijadikan cocolan keripik tortilla atau digunakan sebagai lauk.