PDIP Punya Banyak Calon Pilgub DKI Selain Risma, Bisa Saja Anies

JAKARTA - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Gembong Warsono menyebut calon gubernur yang akan maju dalam Pilkada DKI mendatang tidak terpaku satu pada satu calon.

Selama ini, nama yang santer dikabarkan akan disokong PDIP menjadi calon DKI 1 adalah mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) yang kini menjadi Menteri Sosial. 

"PDIP banyak calonnya, enggak usah khawatir. Stoknya banyak. Di luar Bu Risma juga masih banyak," kata Gembong saat dihubungi, Jumat, 5 Februari.

Bahkan, Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta ini menyebut tidak menutup kemungkinan partainya akan mengusung Anies Baswedan untuk kembali maju di pemilihan Gubernur DKI.

Sebab, menurut Gembong, politik bersifat cair. Jika sebelumnya PDIP memiliki pandangan politik yang berseberangan dengan Anies, bisa saja ke depan akan membelot dan mendukung mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

"Politik itu kan tidak ada yang tidak mungkin. Pertanyaannya, apakah mungkin PDIP mengusung Anies? Tidak ada yang tidak mungkin. Mungkin-mungkin saja," tutur Gembong.

Terkait ini, pelaksanaan pilkada selanjutnya sedang menjadi polemik. Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu yang merevisi aturan mengenai pelaksanaan pilkada dan pemilu dipersoalkan. 

DPR, dalam usulan RUU Pemilu yang mereka susun per tanggal 26 November, menginginkan pilkada selanjutnya dinormalisasi tahun 2022 (untuk kelanjutan Pilkada 2017) dan tahun 2023 (untuk kelanjutan Pilkada 2018).

Namun, pemerintah, tetap ingin menjalankan aturan dalam UU Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Pilkada yang telah menetapkan pemilu digelar serentak tahun 2024.