Catat! Ini Tanggal dan Lokasi Undian Piala Dunia U-17 2023

JAKARTA - FIFA resmi mengumumkan jadwal undian Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Indonesia. Dalam keterangan resminya, FIFA menyebut undian akan dilaksanakan pada 15 September 2023 di Zurich, Swiss.

"Dengan tersisa dua bulan lagi menuju kick off Piala Dunia U-17 2023, penyelenggaraan drawing untuk turnamen akan digelar di kantor pusat FIFA di Zurich, Swiss, pada 15 September 2023," tulis pernyataan FIFA dikutip pada Rabu, 13 September.

Dalam gelaran Piala Dunia U-17 2023 akan ada 24 tim yang bersaing untuk berburu gelar juara. Ke 24 negara itu adalah Argentina, Brasil, Burkina Faso, Kanada, Ekuador, Inggris, Prancis, Jerman, Indonesia, Iran, Jepang, Korea Selatan, Mali, Meksiko, Marko, Kaledonia Baru, Selandia Baru, Panama, Polandia, Senegal, Spanyol, Amerika Serikat, Uzbekistan, dan Venezuela.

Mereka akan dibagi ke dalam empat pot yang masing-masing terdiri dari enam tim untuk pengundian grup. Penempatan tim dalam pot diukur berdasarkan performa dalam lima ajang Piala Dunia U-17 sebelumnya.

Bagi Indonesia yang merupakan tuan rumah, ada keistimewaan yang didapat yaitu berada di pot 1 bersama tim-tim unggulan, seperti Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, dan Jepang.

Agenda undian Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di markas FIFA itu akan dilakukan oleh Direktur Turnamen FIFA, Jaime Yarza.

Bukan cuma itu, juara Piala Dunia U-17 1995, Stephen Appiah dan Julio Cesar yang merupakan finalis Piala Dunia U-17 1995 bersama timnas Brasil juga direncanakan turut hadir dalam acara yang dimulai pukul 21.00 WIB.

Piala Dunia U-17 sendiri dijadwalkan berlangsung di empat stadion di Indonesia, yakni Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya mulai10 November hingga 2 Desember 2023.

Berikut daftar pot untuk drawing Piala Dunia U-17 2023:

Pot 1: Indonesia, Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, Jepang

Pot 2: Jerman, Mali, Inggris, Korea Selatan, Argentina, Ekuador

Pot 3: Selandia Baru, Iran, Senegal, Amerika Serikat, Uzbekistan, Maroko

Pot 4: Kanada, Kaledonia Baru, Panama, Venezuela, Polandia, Burkina Faso