Tim Gabungan Berhasil Padamkan 3 Karhutla di Penajam dan Babulu Kaltim

PENAJAM - Tim gabungan dari berbagai elemen di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim, berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tiga titik, yakni dua di Kecamatan Penajam dan satu titik di Kecamatan Babulu.

"Tiga titik karhutla tersebut terjadi tadi malam (28/8) dan kemarin sore, sekarang sudah aman karena langsung ditangani tim gabungan," ujar Kabid Penanggulangan dan Penyelamatan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten PPU Dahlan di Penajam, dilansir ANTARA, Selasa, 29 Agustus.

Dua titik karhutla pada Senin (28/8) malam di Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam dengan area terbakar berupa semak belukar, sedangkan total luas lahan terbakar 1,2 hektare berlokasi di sekitar 75 meter dari pemukiman warga.

Peristiwa yang terjadi di RT 10 ini dilaporkanoleh Bahtiar, warga setempat, dengan kejadian pukul 19.00 WITA. Tim pemadam tiba di lokasi pukul 19.05 WITA. Petugas berhasil memadamkan kebakaran pukul 19.50 WITA.

"Setelah menerima laporan dari warga, petugas piket segera melaksanakan pemadaman, dilanjutkan pendinginan menggunakan satu unit armada Damkar Petung, lantas pagi (29/8) ini dilakukan pengecekan kembali dan dapat dipastikan tidak ada bara api," katanya.

Sementara karhutla di Kecamatan Babulu, terjadi di RT 08, Desa Sri Raharja, Senin (28/8), sekitar 15.00 WITA, di lahan milik Abu, warga setempat. Material yang terbakar berupa lahan persawahan seluas 0,75 ha.

"Personel di lapangan yang turut memadamkan api selain dari petugas DPKP, antara lain babinsa, bhabinkamtibmas, aparat Desa Sri Raharja, pemilik lahan, dan warga, sedangkan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan kepolisian," kata dia.