Apa Itu Tee dalam Golf dan Istilah-Istilah Lainnya

YOGYAKARTA - Dalam olahraga golf terdapat beberapa istilah yang harus diketahui dan dipahami oleh pemain pemula. Salah satunya adalah apa itu tee dalam olahraga golf. Pada awalan atau saat memulai permainan golf, ada istilah dua istilah tee, yaitu tee box dan tee shot. 

Olahraga golf tidak hanya menekankan pukulan bol hingga bisa masuk ke lubang atau hole. Sama seperti bentuk olahraga lainnya, olahraga yang identik dengan permainan orang kaya ini juga memiliki aturan atau tata cara main. 

Bahkan istilah yang ada dalam olahraga golf terbilang cukup banyak. Namun sebaiknya ketahui dulu apa itu tee dalam golf. 

Apa Itu Tee dalam Golf

Seperti yang sudah disinggung di awal, terdapat dua istilah tee dalam olahraga golf, yaitu tee shot dan tee box. Tee shot adalah pukulan pertama kali yang dilakukan oleh pemain golf atau golfer. 

Tee shot juga disebut dengan servis dalam permainan golf. Untuk melakukan pukulan dengan teknik tee shot, biasanya memakai stik driver atau iron karena cocok untuk memukul bola jarak jauh. 

Sementara tee box adalah istilah untuk area tee pemain saat memulai permainan. Golfer melakukan pukulan tee shot di atas tee box atau disebut juga dengan istilah tee off. 

Istilah dalam Olahraga Golf

Selain tee box dan tee shot, masih ada sejumlah istilah dalam olahraga golf yang perlu diketahui oleh pemain. Berikut ini daftar istilah dalam permainan golf:

Hole

Hole adalah istilah untuk menyebut lubang dalam permainan golf. Letak hole berada di dalam green area pada satu round golf. Lubang inilah yang menjadi sasaran pemain golf untuk memasukkan bola agar mendapatkan poin. 

Green Area

Green area adalah wilayah pada area hole atau lubang sasaran memasukkan bola. Area ini memiliki rumput yang teksturnya lebih lembut dan tipis dibandingkan dengan area yang lainnya. Di dalam green area terdapat banyak hole yang jumlahnya sesuai standar permainan golf. 

PAR

PAR adalah istilah untuk hasil skor dalam permainan golf. Penghitungan PAR disesuaikan dengan peraturan yang sudah ditetapkan pada setiap hole. Setiap lubang memiliki nilai PAR yang berbeda-beda. Misalnya di lubang pertama ditetapkan hanya boleh memukul bola sebanyak empat kali. Apabila Anda bisa memasukkan bola sesuai ketentuan tersebut maka akan disebut PAR.

Birdie

Hampir sama dengan PAR, birdie adalah istilah untuk skor dari setiap lubang. Namun angka atau nilainya masih di bawah PAR. Banyaknya pukulan yang bisa dilakukan pemain untuk memasukkan bola sesuai birdie, yakni hanya sebanyak tiga kali pukulan. Namun skor birdie terkadang lebih tinggi dari PAR karena kesempatan pukulannya lebih sedikit. 

Driver

Driver adalah sebutan bagi jenis stik yang dipakai untuk pukulan servis atau tee shot. Stik driver dipilih untuk pukulan awalan agar bisa mendapat jarak terjauh dari posisi awal setiap lubang menuju green hole. 

Gros

Gros adalah akumulasi jumlah pukulan dari pemain di sebuah hole secara utuh, penghitungannya belum dikurangi nilai handicap. 

Hosel 

Hosel adalah bagian stik golf yang menghubungkan tangkai dan kepala stik golf.

Bunker Shot

Bunker shot adalah pukulan yang dilakukan ketika bola jatuh di atas bunker.

Water Hazard

Water Hazard adalah rintangan aliran air atau kolam yang ada di lapangan golf.

Driving Area

Driving Area adalah fasilitas yang disediakan bagi pemain golf, untuk melatih ayunan dan pukulan saat bermain golf jarak pendek.

Putting

Putting adalah istilah memukul bola di atas rumput memakai alat bantu (putter) untuk meletakkan bola.

Ace 

Ace adalah istilah untuk pukulan terbaik, yang dilakukan dengan sekali pukulan bisa masuk lubang. 

Flag Stick

Flag Stick adalah istilah untuk bendera indikator.

Handicap

Handicap adalah istilah untuk ukuran kemampuan pemain. 

Bogey

Bogey adalah hasil skor satu angka di atas PAR dalam satu hole.

Caddie

Caddie adalah orang yang bertugas membawakan stik golf dan membantu golf saat di lapangan. 

Itulah beberapa istilah dalam olahraga golf. Sebagai pemain pemula Anda wajib tahu apa itu tee dalam golf dan istilah maupun aturan lainnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.