Cerita di Balik Tahan Bantingnya Mobil Volvo

JAKARTA - Perangkat keselamatan adalah aspek utama yang tidak boleh diabaikan oleh produsen kendaraan. Di negara seperti Swedia, reputasi keselamatan kendaraan menjadi sangat penting, terutama diwakili merek Volvo yang sejak lama terkenal akan ketahanan mobil dan kecanggihan perangkat keselamatannya.

Salah satu alasan mengapa mobil-mobil Swedia memiliki performa keselamatan yang luar biasa adalah karena harus melalui uji tabrakan ekstrem yang diawasi ketat oleh organisasi seperti Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).

Pada tanggal 5 Agustus 2023, saluran YouTube Frame mengunggah video yang menunjukkan berbagai uji tabrakan yang dilakukan di Swedia. Kali ini, kendaraan yang diuji adalah Volvo XC90, sebuah crossover mewah berukuran sedang yang dirakit di pabrik Volvo Torslanda.

>

Video tersebut menunjukkan bagaimana setiap uji tabrakan dilakukan untuk memastikan kualitas dan efisiensi sistem keselamatannya sebelum kendaraan dikirim ke pasar. XC90 dirancang untuk menyerap gaya dampak tabrakan dan melindungi penghuninya, termasuk ketika mobil terguling. IIHS sendiri memberikan rating tertinggi untuk Volvo XC90.

Selain Volvo XC90, dikutip dari Carbuzz, 6 Agustus, generasi terbaru mobil Volvo juga sama termasuk seri EX dengan Volvo EX30 juga fokus utama pada keselamatan. Selain perlengkapan keselamatan standar, crossover subkompak listrik ini dilengkapi dengan peringatan suara dan visual saat membuka pintu, untuk menghindari tabrakan dengan pesepeda atau mobil lain yang mendekat.

Fitur pengereman otomatis saat berada di persimpangan juga akan menjadi standar di EX30. Sistem ini secara otomatis mengaktifkan rem jika mendeteksi kendaraan yang mendekat saat melakukan belokan kiri atau kanan. Nah, fitur ini memang pertama kali diperkenalkan pada XC90.

Inovasi keselamatan kendaraan Volvo terus membuktikan komitmen merek ini terhadap perlindungan pengemudi dan penumpang, serta upaya untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan. Keselamatan menjadi inti dari filosofi Volvo, dan langkah-langkah maju seperti uji tabrakan ekstrem dan pengembangan sistem keamanan pintar menunjukkan bahwa merek ini tidak berhenti dalam usahanya untuk menciptakan kendaraan yang lebih aman dan lebih baik.