ZDX 2024, Mobil Listrik Perdana Acura akan Debut pada 17 Agustus Ini

JAKARTA - Acura, anak perusahaan Honda yang beroperasi di pasar AS, telah mengumumkan tanggal peluncuran mobil listrik pertamanya, ZDX 2024. Peluncuran ini dijadwalkan pada 17 Agustus mendatang dalam acara Monterey Car Week di AS.

Mobil listrik Acura ZDX 2024 akan mengusung desain eksterior yang terinspirasi dari Acura Precision EV Concept, sebuah konsep mobil listrik yang sebelumnya telah dipamerkan.

Acura Precision EV Concept. (Dok. Acura)]

Model Acura ZDX 2024 akan tersedia dalam dua varian, yaitu varian standar dan varian tertinggi, Type S. Kedua varian ini akan menawarkan teknologi canggih, termasuk integrasi dengan sistem Google melalui aplikasi dan layanan.

Emile Korkor, Asisten Wakil Presiden Penjualan Nasional Acura, menjelaskan bahwa Acura, dengan komitmennya pada Precision Crafted Performance (Performa yang Dibuat dengan Presisi), akan memulai era baru dengan mobil listrik ini, terutama pada varian Type S yang menawarkan pengalaman berkendara yang menggembirakan.

"SUV ZDX Type S, sebagai yang tercepat dan paling bertenaga dalam sejarah merek ini, akan menghidupkan komitmen tersebut dan memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa dalam kendaraan listrik," kata Emile dalam pernyataannya pada Kamis, 3 Agustus.

Acura juga menjalin kolaborasi dengan Bang & Olufsen, produsen sistem audio premium asal Denmark. Melalui kemitraan ini, sistem audio berkualitas tertinggi dari Bang & Olufsen akan menjadi bagian dari model Acura ZDX 2024.

Kolaborasi ini tidak terjadi begitu saja, karena Acura dan Bang & Olufsen memiliki visi yang sejalan. Bang & Olufsen telah lama dikenal sebagai merek yang menyajikan sistem audio terdepan yang memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Sistem audio premium Bang & Olufsen, yang dikhususkan dan dikembangkan untuk Acura, akan menggabungkan teknologi terkini untuk memberikan pengalaman audio yang luar biasa di dalam Acura ZDX baru.

Acura ZDX 2024 akan menggunakan platform Ultium yang dikembangkan oleh General Motors (GM). Platform ini juga digunakan oleh Cadillac Lyriq, sebuah mobil listrik dari Cadillac.

Hal ini mengindikasikan bahwa Acura ZDX kemungkinan akan memiliki performa yang sebanding dengan Cadillac Lyriq yang memiliki tenaga sebesar 340 dk dengan motor tunggal yang menggerakkan roda belakang.

Sementara itu, varian ZDX Type S yang merupakan varian dengan performa tertinggi akan didukung oleh dua motor listrik dengan total daya sebesar 500 dk yang menggerakkan semua roda, menjadikannya sebagai mobil paling bertenaga yang pernah diproduksi oleh Acura.