Satgas Pangan Polri Pastikan Stok Telur-Cabai Aman Saat Iduladha

JAKARTA - Satgas Pangan Polri memantau ketersediaan dan harga telur serta cabai di sejumlah pasar menjelang Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2023. Ketersedian kedua bahan pokok itu dipastikan masih cukup.

"Stok ketersediaan lainnya saat ini masih mencukupi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi hari besar keagamaan,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah kepada wartawan dalam keterangannya, Selasa, 20 Juni.

Saat ini, harga telur di sentra produksi tingkat peternak yang berada di wilayah Kabupaten Blitar mencapai Rp25.500 hingga Rp26.000 per kilogram. Harga itu dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya biaya produksi.

"Saat ini harga telur ayam dipengaruhi dengan biaya produksi dan operasional dari peternak telur ayam," sebutnya.

Sementara untuk harga cabai merah di beberapa daerah masih berada di bawah harga acuan rata-rata nasional. Sebab, sudah melewati masa panen raya.

Dari hasil pemantauan, untuk cabai rawit di awal Juni 2023 berada di harga Rp44.780 per kilogram atau masih di bawah harga acuan yakni Rp57.000 per kilogram.

Kemudian, harga cabai merah keriting saat ini Rp 39.037 per kilogram atau masih di bawah harga acuan yakni Rp55.000 per kilogram.

"Sedangkan cabai merah di beberapa daerah telah melewati masa panen raya," kata Nurul.