TikTok Perluas Fitur Series, Kreator Bisa Unggah Video dengan Durasi Hingga 20 Menit

JAKARTA - TikTok telah meluncurkan fitur Series-nya pada Maret lalu, tetapi hanya tersedia untuk konten kreator terpilih. Sekarang, banyak pengguna yang dapat mendapatkan cuan dari fitur tersebut.

Series merupakan cara baru bagi para kreator untuk berbagi konten premium dan saat ini mereka yang memenuhi syarat dapat memposting Koleksi di balik paywall.

Penggemar kreator tersebut dapat membayar untuk menonton konten mereka, yang dapat dibeli melalui tautan dalam video langsung atau melalui profil kreator.

Kreator dapat menetapkan harga Series mereka. Satu Series dapat berisi hingga 80 video, masing-masing berdurasi hingga 20 menit.

"Melalui Series, kreator dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan penontonnya sekaligus memberi penonton cara lain untuk mendukung kreator," ujar TikTok dalam blog resminya, dikutip Rabu, 7 Juni.

Bagi kreator yang tertarik, mereka harus berusia 18 tahun ke atas, memiliki akun yang berusia minimal 30 hari dengan setidaknya 10 ribu pengikut, memposting lebih dari tiga video publik dalam 30 hari terakhir, dan memiliki setidaknya 1.000 penayangan video autentik dalam 30 hari terakhir, memenuhi syarat untuk mengikuti Series.

Namun, kreator dengan kurang dari 10 ribu pengikut tetapi memenuhi persyaratan di atas dapat mendaftar dengan memberikan tautan ke konten premium yang sebelumnya mereka jual di platform lain melalui Creator Center di aplikasi TikTok.

TikTok menegaskan, Series saat ini masih dalam tahap awal, perusahaan berjanji akan meningkatkan pengalaman kreator untuk memudahkan mereka menghasilkan pendapatan.