Saingi Wuling Almaz, Chery Tiggo 9 Hemat BBM Meluncur

JAKARTA - Baru-baru ini, Chery merilis SUV unggulan terbarunya, Tiggo 9. Chery memposisikan Tiggo 9 sebagai SUV berukuran sedang dan berada di atas Tiggo 8.

Tiggo 9 hadir dalam berbagai varian, pelanggan dapat memilih SUV berkapasitas lima kursi atau tujuh kursi dengan menawarkan beberapa fitur serta tampilan menarik.

Dilansir dari Carnewschina, Sabtu, 3 Juni, bagian interior telah dihiasi dasbor dengan layar dual-curved untuk panel instrumen LCD 12,3 inci dan layar kontrol pusat 12,3 inci, dilengkapi dengan chip Qualcomm Snapdragon 8155.

Di bawah layar kendali pusat terdapat tiga outlet AC. Disediakan juga lampu ambient 256 warna. Konsol tengah memiliki bantalan pengisi daya nirkabel bawaan, pemilih drive, dan tombol multifungsi.

Chery juga menyediakan varian teratas Tiggo 9 yang menawarkan pemanas roda kemudi, tampilan head-up, sistem audio 12 speaker Sony, dan adanya pemantauan kelelahan pengemudi. Dalam hal keselamatan, mobil ini hadir standar dengan fungsi pendukung sistem bantuan mengemudi level 2 termasuk cruise control otomatis dan parkir otonom.

Pada bagian eksterior, bagian depan tampak agresif dengan grill yang menampilkan logo "Chery" sebagai ciri khas pabrikan. Lalu tampilan lampu yang sedikit tipis yang membuat mobil ini sekilas menyerupai Wuling Almaz.

Untuk bagian kaki-kaki, Chery menyematkan pelek aluminium 20 inci untuk mempertegas kesan gagah pada Tiggo 9. SUV ini juga memiliki dimensi yang luas dengan panjang 4820 mm, lebar 1930 mm, tinggi 1699mm, dan wheelbase 2820mm.

Chery Tiggo 9 dibangun di atas platform terbaru milik pabrikan, yakni T2X Mars. Tidak seperti mobil asal China lainnya yang mulai merilis mobil listrik, Tiggo 9 masih dibekali mesin pembakaran internal.

Dengan mesin 2.0TGDI turbo charged yang menghasilkan 257 dk dan torsi 400 Nm. Lalu untuk varian penggerak dua roda (2WD) dikawinkan dengan transmisi DCT 7-percepatan sedangkan varian penggerak empat roda (4WD) digabungkan dengan gearbox Aisin 8AT.

Meskipun masih menggunakan bahan bakar, Chery Tiggo 9 memiliki konsumsi bahan bakar yang irit hingga 7,7 liter/100 km. Versi hybrid akan tersedia pada waktu yang akan datang.

Untuk harganya, mid-size SUV ini dibanderol mulai dari 152.900 yuan hingga 203.900 yuan. Bila dirupiahkan sekitar Rp319,8 juta hingga Rp426,5 juta.