Plaza Lippo Ekalokasari Terbakar, 5 Karyawan Dilarikan ke Rumah Sakit

BOGOR - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bogor, Samson Purba menyebut ada 5 karyawan yang mengalami sesak napas akibat kebakaran di Mal Lippo Plaza Ekalokasari Bogor dilarikan ke rumah sakit.

Adapun, jumlah karyawan Mal Lippo Plaza Ekalokasari Bogor yang mengalami sesak napas berjumlah lima orang.

"Ada 5 orang yang kita bawa ke rumah sakit dan saat ini masih dalam perawatan. Semuanya security," kata Samson Purba dikonfirmasi, Senin 5 Juni.

Menurut Samson, para petugas keamanan ini mengalami sesak napas akibat menghirup asap yang berlebih.

"Di evakuasi karena terpapar asap. Mungkin terlalu banyak kerja diatas (melakukan pemadaman), tidak menggunakan masker sehingga sesak napas," ucap dia.

Adapun, menurut Samson Purba, saat ini pihaknya masih melakukan sterilisasi asap yang berada di dalam Mal Lippo Plaza Ekalokasari Bogor.

"Masih melakukan pembuangan asap menggunakan blower, dan teman-teman karyawan semua kita belum bolehkan masuk untuk mengurus barang-barangnya," ungkap dia.

Sementara, dilanjutkan Samson Purba, untuk penyebab kebakaran sendiri masih belum diketahui.

"Kita belum bisa menduga, tapi di dalam ruangan tersebut ada sekring dua biji dan itu terbakar, kita tidak bisa menduga tapi itu kebakar gitu," tandas Samson Purba.

Sebelumnya, kebakaran melanda Mal Lippo Plaza Ekalokasari Bogor pada Minggu, 4 Juni malam. Akibat kejadian ini, puluhan pegawai mengalami sesak napas hingga kecapean.

Informasi dihimpun, kejadian kebakaran sendiri terjadi sekitar pukul 20:20 WIB. Di mana, sumber api berasal dari lantai 3 M bangunan Mal Lippo Plaza Ekalokasari Bogor.

"Kejadiannya jam 20:20 WIB, tadi ada temuan asap di lantai 3 manajemen, langsung dicari sama security dan ketemu," kata Markom Mal Lippo Plaza Ekalokasari Bogor, Taufan.

Kemudian, menurut dia, para keamanan pun mencoba memadamkan api dengan APAR yang dimiliki.

"Jadi sekitar ada 20 APAR yang diturunin. Dan sebenarnya gak terlalu gimana-gimana, cuma untuk mastiin kita perlu dari Damkar," ucap dia.

"Saat ini kondisi sudah kondusif, api sudah gak ada dan sekarang sudah tahap pendinginan," sambung Taufan.

Dijelaskan dia, untuk objek yang terbakar akibat kejadian ini, hanya sebatas berkas berupa arsip. Kebetulan, titik kebakaran terjadi di lokasi gudang yang berada di lantai 3 M.

"Kebetulan posisi di gudang, jadi hanya arsip-arsip lama sebenarnya, bukan yang gimana-gimana banget," imbuh dia.

Untuk korban jiwa, dipastikan dia, tidak ada. Karena, begitu muncul asap, teman-teman dari cleaning servis langsung melakukan evakuasi semua pihak yang ada di dalam mal.

"Gak ada korban. Belum, kondisinya belum tutup. Makanya ketika ada kepulan asap kita minta costumer servis buat evakuasi, jadi cepatlah progresnya jadi sudah diluar semua dan posisi diatas sudah kosong," ungkap Taufan.

Disinggung ada beberapa karyawan yang terlihat mengalami sesak napas, Taufan membenarkan. Tercatat, ada 30 karyawan yang mengalami kelelahan.

"Karyawan yang kelelahan ada 30 orang dan membantu juga di atas memadamkan api, karena asapnya sebenarnya apinya gak terlalu. Cuma karena asapnya tebal jadi banyak yang sesak," tandas Markom Plaza Lippo Ekalokasari Bogor.