Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun ke-106 Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso

JAKARTA - Google Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-106 Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso, yang merupakan salah satu dokter wanita pertama di Indonesia dan diilustrasikan oleh artis tamu Lenny. 

Lahir pada 10 Mei 1917 di Karangasem, Bali, Sulianti Saroso mendedikasikan hidupnya untuk membantu masyarakat rentan mengakses layanan kesehatan yang berkualitas.

Minat Prof Saroso terhadap dunia kedokteran di usia muda adalah tidak lain datang dari ayahnya sendiri, yang juga merupakan seorang dokter.  

Dia lulus dengan gelar kedokteran dari Sekolah Geneeskundige Hoge pada tahun 1942, kemudian melanjutkan pendidikannya di Eropa dan Amerika Serikat, di mana dia memperoleh beberapa gelar lanjutan dalam kesehatan masyarakat. 

Dokter Saroso juga menerima beasiswa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mempelajari sistem kesehatan ibu dan anak di seluruh Eropa. 

Selanjutnya, pada tahun 1952, dia kembali ke Indonesia, dan membantu membawa pendidikan KB dan keluarga berencana ke tanah airnya. Tak lama itu, dia bergabung dengan Kementerian Kesehatan untuk memimpin program yang meningkatkan akses kesehatan bagi perempuan, anak-anak, dan penduduk desa.

Setelah karir yang panjang dan sukses di bidang kesehatan masyarakat, pada tahun 1969 dokter Saroso mulai mengajar di Universitas Airlangga, dan membantu melatih generasi dokter dan petugas kesehatan berikutnya. 

Dia kemudian menjadi Presiden perempuan kedua Majelis Kesehatan Dunia dan bertugas di beberapa organisasi terkemuka, termasuk Komite Pakar Kesehatan Ibu dan Anak Organisasi Kesehatan Dunia, Komisi Pengembangan Masyarakat PBB di Negara-negara Afrika, dan Komisi Nasional Perempuan Indonesia. 

Untuk mengenang jasa-jasanya semasa hidup, namanya disematkan pada Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) di kawasan Sunter, Jakarta Utara.