Prestasi Tim Balap Sepeda di SEA Games 2023 Bukan Sekadar Medali Emas

JAKARTA - Pencapaian membanggakan diraih tim balap sepeda kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Hingga  Senin, 8 Mei, sudah empat medali emas yang berhasil didapat.

Perolehan tersebut patut diapresasi setinggi-tingginya. Pasalnya, tim Indonesia telah melampaui target yang dipasang. Tim balap sepeda Indonesia, khususnya MTB hingga hari ini sukses mendapat empat medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu. 

Raihan medali tersebut bukan cuma melampaui target tapi juga mencatatkan sejarah. Itu karena pebalap sepeda Indonesia mampu mendominasi empat dari lima nomor perlombaan yang diikuti di SEA Games 2023. 

“Pertama-tama saya ucapkan syukur alhamdulillah karena dari MTB sudah meraih empat medali emas. Sebenarnya target kami adalah dua medali emas di nomor MTB. Tapi atlet Indonesia mampu mencapai, bahkan melebihi target. Kita hanya lepas di satu nomor," kata Kepala Pelatih Tim Balap Sepeda Indonesia, Dadang Haries Poernomo dalam rilis ISSI yang dikutip Senin, 8 Mei.

Menurut Dadang, prestasi di SEA Games 2023 lebih dari sekadar medali emas. Baginya ajang ini bisa jadi pembuktian bahwa mayoritas atlet muda yang dikirim sukses menunjukan kemampuan. 

Dadang juga mengatakan, pencapaian ini menjadi luar biasa karena beberapa pebalap sepeda yang turun dan meraih emas adalah debutan. Sebut saja Feri Yudoyono dan Dara Latifah yang sukses menyabet dua emas. 

"Ada tiga atlet yang debutan, satu lagi adalah Della Anjar Wulan.  Mereka adalah atlet yang berusia 19-20 tahun. Jadi sangat potensial. Kesuksesan ini bukan sekadar meraih emas. Tetapi atlet yang mendapatkannya adalah mereka yang muda. Jadi ini modal yang sangat bagus untuk balap sepeda Indonesia," kata Dadang.

Pebalap sepeda terakhir yang meraih medali emas adalah Dara Latifah yang turun di nomor Cross Country Eliminator (XCE) putri yang berlangsung di Kulen Mountains, Siem Reap pada Senin, 8 Mei. 

Dara tercatat menjadi yang terbaik di final setelah mengalahkan Ariana The Patrice Evangelista asal Filipina yang meraih perak dan Warinthorn Phetpraphan yang pulang dengan perunggu. 

Sebelum Dara, tiga emas yang berhasil diraih cabor ini disumbangkan oleh Sayu Bella Sukma Dewi, Zaenal Fanani, dan Feri Yudoyono di nomor Mixed Cross Country Relay.