Kembangkan Ekosistem Digital di ASEAN, UOB Gaet Lazada

JAKARTA - UOB dan Lazada Group menyepakati Nota Kesepahaman (MoU) untuk berkolaborasi dalam produk ritel dan solusi perbankan bagi para nasabah UOB dan pengguna Lazada di lima pasar utama di Asia Tenggara, seperti Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Melalui kolaborasi strategis di tingkat regional, kedua pemimpin industri ini juga akan bekerja sama meningkatkan akses pembiayaan bagi para pedagang di platform Lazada.

Kolaborasi ini merupakan kemitraan perdana Lazada dengan sebuah bank yang melibatkan berbagai jenis layanan pembiayaan dan keuangan di Asia Tenggara. Demikian halnya bagi UOB yang juga baru pertama kali menjalin kolaborasi dengan platform e-commerce.

Nantinya, kerja sama tersebut akan memanfaatkan teknologi dari Lazada dan keahlian teruji UOB dalam produk keuangan, layanan perbankan yang unggul, serta kepercayaan nasabah yang telah lama terjalin.

Hal ini akan membantu baik nasabah UOB maupun para pelanggan dan pedagang Lazada untuk mendapatkan akses dan manfaat atas layanan pembiayaan dan keuangan yang lebih baik dan sesuai kebutuhan mereka.

Head Group Wholesale Banking and Markets UOB Frederick Chin menyebut, Wilayah ASEAN memainkan peran strategis sebagai kekuatan ekonomi dunia.

"Sebagai bank dengan rekam jejak yang kuat di ASEAN, ambisi kami adalah membuka pintu peluang bisnis baru di seluruh kawasan. Kolaborasi dengan mitra e-commerce seperti Lazada melengkapi upaya berkelanjutan kami untuk menghadirkan solusi inovatif dan dipersonalisasi di wilayah ASEAN yang terus berkembang," kata dia melalui siaran persnya, dikutip Rabu, 26 April.

"Melalui kemitraan ini, baik konsumen maupun bisnis dapat memperoleh manfaat dari layanan keuangan yang mulus, serta memberikan pengalaman lebih dalam lanskap digital ASEAN yang dinamis," tambah Frederick.

Sementara itu, Chief Executive Officer Lazada Group James Dong mengatakan, pihaknya berkomitmen membangun ekosistem yang terbuka dan mudah diakses di Asia Tenggara.

"Kami senang bisa memiliki kesamaan visi dengan UOB. Bagi pelanggan, kami akan menawarkan opsi pembiayaan dan keuangan yang mudah digunakan, nyaman, dan aman untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup mereka. Sementara, bagi brand dan penjual, kami membantu mengembangkan dan mempercepat pertumbuhan bisnisnya," ungkapnya.

James menyebut, pihaknya berkeinginan untuk hadir dalam jangka waktu lama guna mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan dalam jangka panjang bersama dengan seluruh mitra.

"Dalam ekosistem kami, baik bagi nasabah UOB dan pelanggan Lazada akan mendapatkan manfaat lebih ketika berbelanja di platform e-commerce Lazada dan menggunakan layanan lifestyle banking UOB untuk pembelanjaan mereka," imbuhnya.

Sekadar informasi, UOB dan Lazada berencana untuk memperluas penawaran kartu kredit co-brand ini ke Singapura dan Indonesia. Selain bisa menikmati berbagai bonus menarik sepanjang tahun dari Lazada, pemegang kartu akan mendapatkan akses ke berbagai penawaran spesial dalam festival belanja online Lazada.

Sejalan dengan langkah Lazada melokalisasi produk layanan pembiayaan dan keuangan di tingkat regional, Lazada dan UOB juga akan berkolaborasi dalam layanan cash management dan pemrosesan transaksi bagi para penjual Lazada di ASEAN.