Kesuksesan Ford Mustang dan Kekuatannya Mengubah Peta Otomotif Dunia

JAKARTA - Ford Mustang adalah mobil sport ikonik dari Amerika Serikat yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1964. 

Mobil ini memiliki desain yang khas dengan garis bodi yang membulat dan garis-garis yang tajam, serta dilengkapi dengan mesin yang bertenaga. Mustang tak butuh waktu lama untuk menjadi mobil terbaik di mata anak muda di sana. Minat konsumen pun kian besar karena harga Ford Mustang relatif terjangkau saat itu.

Berbekal revolusi desain dan ciri yang diusung, Mustang terjual lebih dari 420.000 unit pada tahun pertama dan mencapai angka 1 juta unit dua tahun setelah peluncurannya. 

Secara keseluruhan Mustang sebagai mobil paling sukses yang diluncurkan di AS. Mobil ini juga terhubung secara emosional karena Ford menerima lebih dari 4.000 surat penggemar dari pelanggan yang jatuh cinta dengan Mustang.

Alhasil, kesuksesan Mustang ini menginspirasi pabrikan Amerika lainnya memproduksi mobil serupa pada tahun-tahun berikutnya termasuk Chevrolet Camaro (1967), Pontiac Firebird (1967), AMC Javelin (1968), dan Dodge Challenger (1970). 

Mustang juga mempengaruhi desain coupe di dunia, termasuk berpengaruh pada pemasaran Toyota Celica dan Ford Capri pada awal-awal penjualan di Amerika Serikat.

Lahir dari Krisis Ekonomi

Dalam sejarah Mustang yang dimuat di laman Ford, Mustang lahir dilatarbelakangi kondisi AS pada 1960-an, di mana Ford menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk mencoba mengantisipasi lingkungan pembelian mobil yang berubah karena krisis ekonomi dan sampai pada kesimpulan bahwa mereka tidak memiliki produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen saat itu.

Namun riset pasar Ford secara konsisten memberi celah peluang, di mana pada tahun 1962, 46% pembelian mobil baru dilakukan oleh orang-orang dengan tingkat perguruan tinggi, meskipun faktanya mereka hanya mencapai 18% dari total populasi. 

Selain itu, lebih banyak keluarga AS ingin menambahkan mobil kedua ke garasi mereka. Jumlah keluarga yang memiliki dua mobil meningkat dari 1 juta pada tahun 1959 menjadi 13 juta pada tahun 1963. 

Riset ini juga menunjukkan bahwa wanita pemilik mobil adalah salah satu segmen yang tumbuh paling cepat dengan jumlah pengemudi wanita meningkat sebesar 53% antara tahun 1956 dan 1963. 

Satu Juta Mustang, 1966. (Dok. Ford)

Dengan kata lain, semua riset itu menyebut jika peluang pasarnya besar khusus bagi segmen anak muda, berpendidikan, bisa dibawa dan disukai wanita.

Berbekal ini, awalnya Mustang dibuat bukanlah sebagai mobil sport yang melaju kencang dengan tenaga besar dan harga terjangkau.

Sasisnya sendiri pada dasarnya dikembangkan dari sasis Ford Falcon yang diposisikan sebagai mobil murah meskipun bentuknya yang sporty dengan kap mesin panjang dan moncong yang menyempit terutama dibagian grill dan menurut Ford bentuk ini terinspirasi dari mobil sport asal Eropa saat itu.

Ya pada saat awal menurut Ford, Mustang sukses sebagai mobil yang membawa tujuan perusahaan, "cukup sopan dibawa pergi ke gereja, cukup bersemangat untuk dragstrip, cukup modis untuk country club."

Ford Mustang telah mengalami beberapa evolusi desain dan teknologi sejak pertama kali diluncurkan, dan versi terbaru dari mobil ini, yaitu Mustang generasi ketujuh, diperkenalkan pada tahun 2022. 

Versi terbaru ini menampilkan desain yang lebih modern dan aerodinamis, serta dilengkapi dengan mesin yang lebih bertenaga dan fitur-fitur teknologi yang lebih canggih dari kokpit digital yang terinspirasi jet tempur hingga mesin turbocharged dan aspirasi alami yang canggih hingga desain eksteriornya yang edgier namun tak lekang oleh waktu.

2024 Ford Mustang, mobil generasi ketujuh. (Dok. Ford)

Terbaru, Ford Mustang masih menjadi mobil sport terlaris di dunia selama 10 tahun terakhir. Dilaporkan Carbuzz, Senin, 17 April 2023, merujuk data S&P Global Mobility menunjukkan bahwa Amerika Serikat masih jadi penggerak utama di balik penjualan Mustang dengan 78% dari total penjualan global. Dave Bozeman dari Ford menyatakan, bahwa kesuksesan ini tak terlepas dari semangat para pemilik dan penggemar Mustang di seluruh dunia.

Penjualan Mustang juga tumbuh di Jerman sebesar 17% pada tahun 2022. Meningkat sebesar 14,4% di Inggris Raya. Demam Mustang juga melanda Swiss dan Timur Tengah, dengan pasar ini melonjak masing-masing sebesar 14,9% dan 7,4%.

Ford Mustang telah menjadi salah satu mobil sport paling populer di dunia, dengan basis penggemar yang sangat loyal dan komunitas yang besar. Desain ikonik dan performa yang kuat membuat Mustang tetap menjadi mobil yang timeless dan menjadi inspirasi bagi banyak orang mengejar impian meraih kebebasan berkendara.