Jelang Upgrade Shanghai, Harga Ethereum (ETH) Malah Anjlok

JAKARTA - Harga mata uang digital Ethereum (ETH) terpantau mengalami penurunan pada tanggal 11 April kemarin, menjelang pelaksanaan upgrade Shanghai yang sangat dinantikan oleh para pelaku pasar kripto.

Turun di bawah 1.900 dolar AS (Rp28,2 jutaan), harga ETH tercatat mencapai level terendah 1.888 dolar AS (Rp28 juta) dalam waktu singkat menjelang belum lama ini. Menilik data pasar, perubahan harga ini tetap terlihat pada tanggal 12 April, di mana harga ETH masih bertahan di level 1.895 dolar AS (Rp28,1 jutaan).

Meski demikian, kerugian harga ETH ini masih tergolong minor, hanya sebesar 1,0 persen dalam 24 jam terakhir. Fluktuasi harga ETH ini menarik perhatian karena dalam periode yang sama, harga Bitcoin justru mengalami kenaikan sebesar 2,0 persen.

Begitu pula dengan pasar kripto secara keseluruhan yang mengalami kenaikan sebesar 1,0 persen dalam 24 jam terakhir, dan beberapa token 10 besar lainnya turut mengalami kenaikan.

Namun, tidak semua berita buruk bagi para pemegang Ethereum. Sentimen publik terhadap upgrade Shanghai secara umum terlihat positif. Upgrade ini akan memungkinkan para validator untuk menarik kembali ETH yang telah mereka pertaruhkan, hal ini merupakan langkah pertama dalam sejarah Ethereum.

Saat ini, terdapat sekitar 18 juta ETH yang telah dipertaruhkan (stake), dengan nilai sekitar 34 miliar dolar AS (sekitar Rp505 triliun), jumlah yang signifikan dari kapitalisasi pasar Ethereum yang mencapai 227 miliar dolar AS (Rp3,3 kuadriliun). Jika sejumlah besar ETH ditarik dan masuk ke dalam sirkulasi, upgrade ini berpotensi mempengaruhi harga ETH.

Namun demikian, para ahli meyakini bahwa tidak semua jumlah ETH yang dipertaruhkan akan ditarik dalam jangka panjang, mengingat mekanisme pengambilan kembali ETH yang terbatas. Sebagai langkah pengamanan, hanya sekitar 1.800 validator yang diizinkan menarik ETH masing-masing per hari, guna menghindari terjadinya dampak yang signifikan pada pasar.

Meskipun demikian, ketidakpastian yang mungkin muncul terkait upgrade Shanghai ini diduga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penurunan harga ETH pada hari itu. Beberapa investor mungkin telah menjual ETH mereka menjelang upgrade Shanghai, yang mengakibatkan penurunan harga yang terlihat.

Tak hanya mengenai pembukaan pertaruhan, upgrade Shanghai juga diharapkan membawa sejumlah perbaikan lainnya, seperti pengurangan biaya gas yang harus dibayar oleh pengembang Ethereum. Melansir CryptoSlate, upgrade Shanghai sendiri dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 12 April pukul 22:27:35 UTC. Meski terdapat ketidakpastian di pasar, sentimen publik secara umum tetap positif terhadap peningkatan ini.