Land Rover Recall Sejumlah Unit Range Rover 2023

JAKARTA - Pabrikan mobil Inggris, Land Rover melakukan recall pada model terbaru Range Rover 2023. Recall dikarenakan mobil berisiko dapat terbakar.

Lebih lanjut, dikutip dari Motor1, Rabu, 9 April 2023, mobil yang ditarik kembali berasal dari pabrik perakitan Solihull Land Rover khusus masa produksi 9 November 2022. 

Selama perakitan pada hari itu, ada mesin V8 4,4 liter dengan pemasangan yang salah atau tidak terpasang dengan benar, sehingga dapat menyebabkan oli bocor ke pipa pembuangan yang mudah terbakar dalam mesin.

Adapun kronologi awal tentang recall ini dimulai pada 16 Februari dan 21 Februari 2023, pemasok mesin memberitahu kepada Land Rover bahwa mereka mencurigai tiga dari mesin V8 memiliki pipa pembuangan oli turbo yang salah atau hilang.

Tentunya, masalah ini akan segera diselesaikan oleh Land Rover. Pada 3 Maret, pembuat mesin memberitahu Land Rover bahwa terdapat dua mesin yang mengalami hal serupa. Namun, kali ini Land Rover sudah mengirimkan mobil tersebut dari pabriknya.

Komite Keamanan dan Keselamatan Produk Land Rover telah menyelidiki kasus ini, yang kemudian melaporkannya ke Recall Determination Committee, di mana mereka yang memutuskan untuk menarik kembali.

Land Rover sendiri telah mengajukan dokumen penarikan kembali ke Badan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya (NHTSA), namun mereka tidak memberi tahu negara mana yang dituju dari model ini.