Menikmati Hidup dengan Mengingat Kenangan Bahagia, Begini Caranya Saran Pakar

YOGYAKARTA – Begitu banyak yang tersimpan dalam ingatan, baik itu kenangan buruk maupun membahagiakan. Tetapi ternyata, mengingat kenangan bahagia, artinya berinteraksi positif dengan masa lalu Anda. Penulis Live a Happier Helthier Life, Gina Vild mengatakan bahwa mengingat pengalaman dan interaksi positif dari masa lalu, membuatnya rileks dan bahagia.

Ingatan apa yang Anda ingat tentang pengalaman masa lalu yang menyenangkan? Melansir ulasan Gina Vild dalam Psychology Today, Jumat, 31 Maret, penelitian menunjukkan bagaimana peristiwa masa lalu dapat digunakan untuk meningkatkan emosi saat ini. Ini adalah penemuan menarik karena bisa dipraktikkan di masa sekarang sebagai penambah suasana hati dengan memicu kepuasan dan kegembiraan hidup yang lebih besar.

Ilustrasi mengingat kenangan bahagia (Freepik)

Kenangan positif yang sengaja diingat, terlibat dalam menghidupkan kembali pengalaman bahagia. Penelitian melaporkan, teknik ini merupakan latihan yang baik dalam mendorong tingkat kepuasan lebih tinggi. Seperti nostalgia, atau kasih sayang sentimental terhadap peristiwa masa lalu yang memiliki asosiasi pribagi yang bahagia, terbukti menjadi penguat kebahagiaan yang dinamis. Selain mengungkap manfaat mengenang, penelitian yang sama juga mengeksplorasi teknik untuk berefleksi. Hasil dari partisipan yang mengenang dari foto, kenang-kenangan, dan kenangan melaporkan perasaan positif lebih besar daripada kelompok yang merenungkan masalah.

Selain bermanfaat untuk mengarahkan aspek mental lebih positif, mengenang kenangan bahagia juga baik untuk kesehatan fisik. Diantaranya mengurangi kecemasan, menurunkan kadar kortisol, dan efektif meninngkatkan citra diri untuk terhindari dari depresi serta stres. Apabila Anda tidak terbiasa mengingat kenangan indah, berikut teknik untuk memulai.

1. Mulai menghitung kenangan indah sebelum tidur

Kalau sulit tidur, banyak orang memakai teknik ‘menghitung domba’. Dengan pola yang sama, tetapi mengisinya dengan menghitung kenangan indah. Baik itu kenangan atau pengalaman yang memperkaya hidup atau ingatan yang menggembirakan.

Ilustrasi mengingat kenangan bahagia (Freepik)

2. Mengingat momen bersama teman-teman Anda

Lingkaran pertemanan tentu banyak menghabiskan waktu bersama. Cara berikutnya untuk mengingat kenangan positif, cobalah recall momen ketika bersama keluarga, teman, atau kerabat. Ingat kapan waktunya, di mana, dan siapa saja yang terlibat dalam momen bahagia tersebut. Selain menyenangkan dan membuat Anda tersenyum seketika, cara ini juga membantu memperkuat koneksi dengan support system positif.

3. Buat jurnal waktu bahagia Anda

Jurnal berupa buku harian, bisa diisi pengalaman bahagia. Selain membantu mempraktikkan rasa syukur, juga membantu meringankan suasana hati Anda.

4. Buka foto-foto lama

Membuka foto lama salah satu cara mengingat kembali momen bahagia. Kalau foto lama mungkin tak banyak orang berpose tersenyum dan bergaya bebas. Tetapi momen dibaliknya, menandai masa-masa bahagia dan memperingati suatu peristiwa penting dalam hidup Anda.

5. Memanfaatkan pemicu sensorik

Aroma dan musik dapat membantu memicu sensorik yang membawa diri ke saat-saat bahagia dari masa lalu. Misalnya lagu favorit saat muda, ini melambungkan kembali ke masa manis dalam hidup. Atau aroma roti panggang yang menghidupkan kembali pikiran tentang suasana rumah yang hangat dan ceria.

Pesan Vild, Anda bisa memanfaatkan ingatan atau kenangan bahagia untuk lebih dekat dengan pikiran serta hati Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengisi dan menikmati hidup dengan hal bermakna serta membahagiakan.