Belasan Rumah di Sebatik Barat Nunukan Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Pompa Mini BBM

NUNUKAN - Belasan rumah warga Desa Liang Bunyu, Kecamatan Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), habis terbakar.

Kapolsek Sebatik Barat Iptu Maswoko mengatakan kebakaran  menghanguskan 11 rumah warga yang didiami 20 kepala keluarga (KK). Kebakaran terjadi pada Selasa, 14 Maret malam.

"Berdasarkan keterangan warga, sumber api berasal dari percikan alat pompa minyak celup mini yang digunakan seorang warga bernama Yusri (17). Pompa mini itu tiba-tiba mengalami korsleting saat memindahkan BBM (Pertalite) dari drum ke jeriken," kata Maswoko, Rabu, 15 Maret.

Api lantas menyambar rumah lainnya yang terbuat dari kayu. Petugas mengalami kesulitan memadamkan api karena keterbatasan alat dan banyaknya warga di lokasi.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nunukan Rachmaji Sukirno menyebutkan ada 3 unit mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan  api.

"Petugas berusaha memadamkan api tapi cepat membesar ditambah angin kencang akibatnya api merembet dari satu rumah ke rumah yang lain. 3 jam kemudian api bisa dipadamkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu," pungkasnya.