Elite PBB Kunjungi PPP Hari Ini, Bahas Koalisi Parpol Islam

JAKARTA - Elite Partai Bulan Bintang (PBB) akan mengunjungi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di kantor DPP PPP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, hari ini.

Pertemuan sesama partai politik Islam itu diagendakan membahas soal koalisi pada Pemilu 2024 agar tetap eksis ke depannya.

"Bahas koalisi dan bagaimana caranya mempertahankan eksistensi Partai Islam, agar jangan lenyap ditelan zaman," ujar Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra kepada wartawan, Senin, 13 Maret. 

Dia menjelaskan, pertemuannya dengan pimpinan PPP hanya untuk memperkuat eksistensi partai-partai Islam. Karena menurutnya, perpolitikan Indonesia harus imbang antara dua kekuatan politik besar yaitu Islam dan nasionalisme.

"Di negeri kita ini dua kekuatan politik besar tetap harus ada Islam dan Nasionalisme. Kekuatan politik Islam makin terkikis oleh pragmatisme dan politik uang," jelas pakar hukum tata negara ini. 

Yusril menuturkan, partai Islam sangat bergantung pada umat untuk eksis. Pasalnya, tidak ada pemodal yang mau mendanai partai Islam. 

"Enggak ada konglomerat yang mau mendukung kekuatan politik Islam. Semua tergantung pada umat Islam sendiri," kata Yusril.

Yusril menegaskan, partainya dan PPP tidak akan membahas masalah sistem pemilu yang tengah digugat di Mahkamah Konstitusi. Sebab, kata dia, PBB mendukung sistem proporsional tertutup.