Kota Palembang Targetkan Bebas Rabies pada 2024

PALEMBANG - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palembang, Sumatera Selatan, menargetkan bebas rabies pada tahun 2024.

Kepala DPKP Kota Palembang Sayuti mengatakan untuk memenuhi target tersebut, pihaknya memberikan pelayanan vaksin rabies dan pemasangan microchip untuk hewan penular rabies seperti anjing, kucing, dan sebagainya secara gratis.

“Kami memberikan pelayanan vaksinasi rabies dan pemasangan microchip untuk hewan penular rabies secara gratis, jadi bagi masyarakat yang memelihara kucing dan anjing itu dapat melakukannya di Puskeswan yang berlokasi di Kecamatan Gandus,” katanya, Senin 6 Maret.

Untuk melakukan vaksin rabies terhadap hewan penular rabies yang liar, katanya, pihaknya bekerjasama dengan komunitas pencinta hewan di kota ini.

“Jadi para komunitas pencinta hewan itulah yang mengumpulkan dan membawa hewan-hewan tersebut dan jika sudah dikumpulkan dan melangsungkan vaksinasi,” katanya.

Ia menjelaskan pemasangan microchip itu hanya dilakukan guna mempermudah pengidentifikasian ketika hewan penular rabies menggigit seseorang.

“Pemasangan microchip itu diutamakan untuk anjing sebab 90 persen penular rabies adalah anjing,” ucapnya.

Selain itu, ia mengatakan pihaknya juga melakukan pelayanan jemput bola vaksinasi ke setiap kelurahan di Kota Palembang.

“Setiap kelurahan itu akan mengumpulkan masyarakat pemilik hewan penular rabies minimal 10 orang sehingga kami dapat melakukan vaksinasi,” kata dia.

Kemudian, DPKP Kota Palembang melakukan pendataan hewan yang sudah melakukan vaksinasi melalui Aplikasi Kartu Identitas Hewan Penular Rabies (HPR) dan dapat diunduh di playstore oleh masyarakat.

“Berdasarkan aplikasi tersebut hewan telah melakukan vaksinasi rabies sebanyak 4.700 hewan, dengan rincian 4.000 kucing 700 anjing.Kami juga berharap kepada masyarakat terus rutin melakukan vaksinasi sebab vaksin rabies itu tidak bisa dilakukan sekali, minimal satu tahun sekali” katanya.