Pemkot Sorong Musnahkan Ratusan Liter Bayclin Kedaluwarsa

SORONG - Pemerintah Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya melakukan pemusnahan terhadap 200 liter bayclin kedaluwarsa milik PT. Irian Jaya Sehat di tempat pembuangan akhir (TPA) Kota Sorong.

Kepala Bidang Perekonomian Daerah dan Sumber Daya Alam Kota Sorong, Milan Latumeten menjelaskan pemusnahan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan pengawasan terhadap produk kedaluwarsa sekaligus meminimalisir peredaran produk kedaluwarsa di tengah masyarakat.

"Pemerintah hadir untuk memastikan produk di setiap toko atau distributor aman untuk dijual, kalau yang sudah kadaluarsa harus dimusnahkan," jelas Milan usai melaksanakan pemusnahan di TPA Kota Sorong dilansir ANTARA, Jumat, 3 Maret.

Sebab, menurutnya ketika produk kedaluwarsa lolos dari pengawasan dan sampai kepada konsumen maka akan berdampak buruk.

Langkah konkret yang terus dilakukan pemerintah setempat adalah melakukan inspeksi mendadak ke setiap toko dan distributor untuk mengecek dan melihat secara dekat kondisi produk yang dijual.

"Karena kita sering turun lapangan sehingga kita ambil tindakan pemusnahan itu sebagai upaya meminimalisir peredaran produk kadaluarsa," tegasnya.

Selain ratusan bayclin, produk lain yang ikut dimusnahkan kali ini autan dan baigon dalam jumlah banyak. Produk-produk ini merupakan milik PT. Irian Jaya Sehat sebagai agen distributor di Kota Sorong.

Berkaitan dengan itu, Milan berharap kepada seluruh distributor dan pemilik toko agar selalu mengecek kondisi dan batas waktu setiap produk tanpa harus menunggu instruksi dari pemerintah. 

"Kita butuh kerja sama supaya produk kadaluarsa tidak boleh dijual ke konsumen karena dampaknya sangat berbahaya," pintanya.

Sementara itu, perwakilan PT. Irian Jaya Sehat Idam, menjelaskan setiap saat ada pengecekan terhadap batas waktu setiap produk oleh karyawan.

"Bahkan kita selalu menerapkan SOP dengan benar makanya kalau ada produk kedaluwarsa kita langsung musnahkan menggunakan alat berat bersama pemerintah," jelasnya.

Dia berkomitmen ke depan akan terus mengedepankan keselamatan konsumen dengan memperhatikan masa kedaluwarsa setiap produk yang ada di PT. Irian Jaya Sehat.