BNPB Tingkatkan Penanganan dan Mengurangi Dampak Bencana

JAKARTA – Badan nasional penanggulangan bencana (BNPB) menggelar rapat kordinasi nasional di Jiexpo kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis 2 Maret. Rakornas yang bertajuk Penguatan resiliensi berkelanjutan dalam menghadapi bencana ini dibuka oleh presiden Jokowi dan ditutup oleh wakil presiden Ma'ruf Amin.

Selain itu, BNPB bersama dengan pelaku industri juga menggelar pameran industri kebencanaan bertajuk Asia Disaster Management & Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO). ADEXCO merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan seluruh elemen bangsa terkait pemanfaatan teknologi dalam pengurangan risiko dan penanganan bencana.

Menurut Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Raditya Jati, kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut pesan presiden yang disampaikan saat pelaksanaa Global Platform For Disaster ke-7 di Bali yang dihadiri oleh 185 negara.

Bapak presiden mengajak komunitas global terkait dengan resiliensi berkelanjutan atau kita sebut suistable resilence. Hal ini adalah suara ajakan, karena resilence kita sangat dinamis karena kita sering ancaman dan bencana.

"Karena itu, dalam pelaksanaan rakornas kali ini berbeda dengan rakornas-rakornas sebelumnya. Karena kita bersandingan dengan indutrialis kebencanaan dalam negri. Kejadian bencana ada disini, kalau kita tidak siap bagaimana upaya kita menghadapi pra dan pasca bencana," kata Raditya dalam keterangan tertulis, Kamis, 2 Maret.