Dede Yusuf Tak Percaya Helikopter yang Ditumpangi Kapolda Jambi Jatuh karena Hal Mistis

JAKARTA - Aktor yang juga mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf menanggapi jatuhnya helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono di perbukitan Tamiai, Kabupaten Kerinci.

Dede menilai, kecelakaan itu disebabkan oleh kondisi alam dan cuaca pada waktu itu. “Hampir semua kejadian di daerah pegunungan seperti Papua, helikopter banyak yang jatuh, karena kalau antar pegunungan itu ada yang namanya awan itu cepat turun, dan jarak pandang dalam cuaca waktu tertentu itu hanya terbatas 100 meter. Kondisi Gunung Kerinci kurang lebih juga seperti itu, karena pegunungan,” kata Dede Yusuf saat ditemui di Grand Indonesia, Jakarta Pusat pada Senin, 20 Februari 2023.

Bapak dua anak itu juga menolak jika kecelakaan yang terjadi dikaitkan dengan hal-hal mistis. “Jadi, kita jangan terlalu dikit-dikit mistis ya. Hal seperti itu kita singkirkan terlebih dahulu, setelah itu nanti biarlah yang di bawah yang bikin konten-konten. Kalau helikopter kita berbicara kondisi alam, jadi kita selesaikan dulu permasalahan apa penyebabnya,” sambungnya.

Evakuasi udara oleh Tim SAR gabungan TNI, Polri dan Basarnas di Muara Emat, Kerinci, Jambi, Senin (20/2/23).(ANTARA/HO/Basarnas)

Sadar bahwa ada banyak kepercayaan pada masyarakat sekitar pegunungan yang mempercayai hal-hal mistis, Dede menjawab singkat bahwa ia sudah seringkali naik gunung dan tidak bertemu dengan sosok mistis yang dimaksud.

Baginya, lebih mudah untuk percaya bahwa kecelakaan tersebut disebabkan oleh cuaca ekstrem, serupa dengan banyak pemberitaan dan analisa yang bermunculan.

“Saya menduga lebih kepada cuaca, seperti yang sudah saya katakan, bisa cuaca, kabut dan banyak faktor lah. Kita belum bisa jawab saat ini, jadi kita harus lebih dulu melakukan penelusuran atas data-data yang ada, jangan semuanya dikaitkan dengan mistis,” tuturnya.

Sebagaimana telah diketahui, Rusdi Hartono bersama rombongannya telah diketemukan oleh tim evakuasi yang diturunkan. Kapolda Jambi itu dikabarkan mengalami luka parah pada tangannya.

Atas peristiwa tersebut, Dede Yusuf pun berharap Kapolda Jambi dan rombongannya bisa kembali sehat dan bertugas. “Kita bersyukur Pak Kapolda selamat beserta seluruh crew dan anggota, mudah-mudahan Pak Kapolda bisa sehat kembali dan bertugas dengan baik,” pungkasnya.