Program Mudik Motis 2023 Hadir Lagi, Naik Kereta Bawa Motor Cuma Bayar Rp20 Ribu

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) menghadirkan program mudik motor gratis (motis) 2023. Program ini untuk mengurangi tingkat kecelakaan pada saat mudik.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Djarot Tri Wardhono mengatakan program motis tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Di tahun ini, kata Djarot, DJKA akan menggabungkn rangkaian kereta penumpang dengan kereta barang.

Dengan begitu, kata Djarot, penumpang dan barang bisa mudik bareng dengan satu rangkaian kereta api di tahun ini.

“Jadi 4 kereta api penumpang dirangkaikan dengan 3 kereta api barang yang mengangkut sepada motor. Ini yang membedakan motis sebelumnya dengan motis di tahun ini,” katanya dalam acara Ngobras, di Keneterian Perhubungan, Jakarta, Senin, 20 Februari.

Djarot mengatakan bahwa pemudik yang membawa kendaraan motor dapat membeli tiket di harga Rp10.000 hingga Rp20.000 per orang. Sementara, untuk sepeda motornya tidak dikenakan biaya alias gratis.

Sementara sebelumnya, kata Djarot, tarif tiket dikenakan sesuai tarif kereta penumpang yang berlaku. Nantinya, kata Djarot, pemudik dengan satu sepeda motor juga dapat membeli dua tiket kereta api.

Adapun angkutan mudik motor gratis ini akan dilaksanakan mulai 11 April hingga 20 April atau selama 10 hari. Sementara angkutan balik motor berlangsung mulai 25 April sampai dengan 4 Mei 2023.

“Kita kenakan tarif yang cukup murah. Sampai 330 km bayar hanya Rp10.000 (per orang) sebelumnya dikenakan (tarif) sesuai angkutan kereta. Selebihnya dikenakan Rp20.000 (per orang),” tuturnya.

Lebih rinci, tarif angkutan motis Lebaran jalur utara yakni Cilegon-Pasar Senen-Semarang Tawang untuk 0-330 km dikenakan biaya Rp10.000, lebih dari itu dikenakan Rp20.000 per orang.

Motis Lebaran jalur tengah yakni Pasar Senen-Purwosari 0-480 km dikenakan tarif Rp10.000, lebih dari 480 km dikenakan Rp20.000 per orang.

Sementara motis Lebaran jalur selatan yakni Kiaracondong-Purwosari 0-280 km dikenakan tarif Rp10.000 per orang, sedangkan lebih dari 280 km dikenakan Rp20.000 per orang.

Dengan tarif yang lebih murah ini, Djarot berharap antusisme masyarakat untuk mengikuti program motis tahun ini akan tinggi.

“Harapan kita, orang-orang yang akan mengangkutkan sepeda motornya akan lebih bersamangat lagi kerena tiketnta lebih murah,” ujarnya.

Adapun persyaratan untuk ikut program Motis Lebaran 2023 yaitu KTP, SIM, Kartu Keluarga (KK), STNK, besaran motor di bawah 200 CC, pendaftaran di website mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjutkan dengan verifikasi di stasiun yang ditunjuk. Pengiriman motor (gratis) difasilitasi 2 tiket kereta api (selama masih ada kuota)