Apa Itu One UI? Ini Pengertian dan Keistimewaannya di Ponsel Samsung

YOGYAKARYA – Samsung Electronics memperkenalkan One UI pada tahun 2019 lalu. Teknologi tersebut kemudian disematkan pada produk keluaran Samsung. Dengan adanya teknologi tersebut, pengguna Samsung mendapat pengalaman baru dalam pemakaian ponsel. Lalu apa itu One UI?

Apa Itu One UI

Samsung One UI adalah perangkat lunak Android yang dikembangkan oleh Samsung dan diterapkan pada produknya yang menjalankan OS Android 9 "Pie". Perangkat ini menggantikan Samsung Experience UX dan TouchWiz, perangkat lunak yang sebelumnya diterapkan oleh Samsung untuk memudahkan pengguna dalam memakai ponsel.

Samsung One UI sendiri berfokus pada User Interface atau tampilan visual produk yang berhubungan dengan kemudahan pengguna dalam mengoperasikan perangkat. One UI secara diterapkan pada ponsel dengan layar yang lebih besar yang dalam penggunaannya menggunakan satu tangan. One UI sendiri diluncurkan pada awal 2019.

Keistimewaan One UI

Karena One UI berhubungan dengan User Interface, maka keistimewaannya berkaitan dengan berbagai hal yang berhubungan dengan kemudahan akses penggunanya pada menu-menu ponsel. Beberapa keistimewaan One UI adalah sebagai berikut.

  1. Adanya fitur One Hand Use

Fitur ini jadi salah satu yang diunggulkan dalam One UI Samsung. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa mengoperasikan ponsel dengan mudah. Dengan begitu pengguna bisa tetap mengoperasikan ponsel dengan tangan satu, sedangkan tangan lainnya bisa digunakan untuk pekerjaan lainnya.

Tombol atau ikon sengaja dibuat agar dengan mudah dijangkau oleh penggunanya meski hanya dengan ibu jari.

  1. Layar Nyala Otomatis

Pengguna mungkin tak perlu lagi repot menekan tombol power atau kunci untuk menyalakan layar karena salah satu fitur One UI memungkinkan layar hidup otomatis saat pengguna mengangkat ponsel. Otomatisasi tersebut akan aktif saat sensor mendeteksi gerakan ponsel. Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk peng pengaturan atau Settings -> Advance Features -> Motions and Gestures -> Lift to Wake -> On atau aktifkan.

  1. Peluncur Game

Fitur Game Launcher pada One UI akan memungkinkan pengguna membuat folder khusus untuk menaruh game favorit Anda. Selain itu ada fitur Game yang memungkinkan pengguna melakukan bisa memfokuskan ponsel pada penghematan daya atau performa game.

  1. Gestur Navigasi dengan Layar Penuh

Banyak ponsel lain yang menyediakan tombol navigasi. Tombol tersebut akan menampilkan aplikasi apa saja yang sedang berjalan pada ponsel Anad. Selain itu ada pula tombol back dan beranda. Sedangkan pada One UI, Anda bisa menampilkan itu semua dengan layar penuh atau layar penuh.

  1. Layar Tepi

Keberadaan Edge Screen pada One UI memungkinkan penggunanya meletakkan aplikasi di sebelah layar sehingga memudahkan akses. Misalnya, Anda lebih sering menggunakan browser, maka aplikasi tersebut bisa diletakkan di sebelah layar dan bisa diakses dengan cara geser tepi layar ke arah tengah dan Anda otomatis masuk ke aplikasi browser.

  1. Optimasi Ponsel Mudah

Fitur ini cukup membantu pengguna saat smartphone mengalami kendala karena banyaknya aplikasi yang berjalan. Dengan optimasi, performa ponsel bisa lebih lancar. Ketika fitur ini aktif, ponsel akan menutup aplikasi yang sedang bekerja sekaligus hapus file yang tak dipakai lagi. Fitur ini disebut mirip dengan aplikasi cleaner.

Itulah informasi terkait apa itu One UI. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.