Musik Elektronik Jadi Genre Paling Populer di Festival-Festival Inggris

JAKARTA - Sebuah laporan baru dari Night Time Industries Association (NTIA) mengungkap, musik elektronik adalah genre paling populer di festival-festival Inggris.

Menurut laporan tersebut, hingga 29 persen artis elektronik mendominasi festival dibandingkan dengan rock (22 persen) dan pop (21 persen).

Lebih dari 2,4 juta orang juga menghadiri 145 festival Inggris yang menampilkan musik elektronik selama 12 bulan terakhir dan 67 persen di antaranya adalah “festival elektronik utama”.

Bukan cuma itu, 519,3 juta poundsterling juga merupakan nilai ekonomi yang dihasilkan dari festival musik elektronik.

Laporan tersebut juga menemukan bahwa industri musik elektronik, termasuk konser, festival, dan klub, bernilai lebih dari 2,6 miliar pounsdterling bagi perekonomian Inggris dan genre tersebut adalah yang terpopuler kedua di Inggris setelah musik pop.

“Musik elektronik adalah salah satu fenomena Inggris yang bersahaja, ia membentuk dan merangkul komunitas, mendidik, menginspirasi, dan menyatukan Inggris dengan bentuk budayanya yang unik,” kata Michael Kill, CEO NTIA, dikutip dari NME, Jumat.

“Selama dua tahun terakhir kami telah merumuskan strategi untuk menyampaikan laporan ini, bersama pemangku kepentingan utama dan pemimpin di ruang ini, untuk mendukung nilai ekonomi, komunitas, dan budaya yang sebenarnya dari sektor musik elektronik.”