Perangkat Aktif Apple Capai 2 Miliar, Jadi Rekor Baru Apple?

JAKARTA - Apple telah mencapai tonggak sejarah barunya dengan menghasilkan lebih dari 2 miliar perangkat keras aktif, yang mencakup perangkat iPhone, iPad, Mac, dan produk perangkat keras lainnya pada tahun 2022. 

Dalam sebuah laporan pendapat kuartal yang ditemukan oleh The Verge, Apple berjalan cukup cepat dalam perangkat kerasnya. Hal itu terbukti setelah perusahaan berhasil menuju tonggak 2 miliar setelah berhasil mencapai 1,8 miliar perangkat aktif hanya dalam satu tahun saja. 

Bahkan di awal tahun 2020, Apple menyoroti pertumbuhan cepat, di mana mereka berhasil mencapai 1,5 miliar perangkat aktif, dan berhasil melampaui 1 miliar perangkat pada tahun 2016 silam. 

“Selama kuartal Desember, kami mencapai tonggak penting dan dengan senang hati melaporkan bahwa kami sekarang memiliki lebih dari 2 miliar perangkat aktif sebagai bagian dari basis pemasangan kami yang terus berkembang,” kata CEO Apple, Tim Cook. 

Basis penginstalan iOS, macOS, dan perangkat Apple lainnya yang cukup besar dibandingkan dengan 3 miliar perangkat Android aktif, seperti yang dilaporkan Google pada tahun 2021. 

Meskipun jumlah perangkat aktif Apple melonjak, Apple memperkirakan bahwa pendapatannya akan turun dalam kuartal kedua berturut-turut. Namun penjualan iPhone kemungkinan akan meningkat karena produksi telah kembali normal di China setelah lockdown terkait COVID.

Penjualan Apple tahun lalu turun 5% menjadi 117,2 miliar dolar AS (Rp1.771 triliun) dan turun di setiap bagian dunia pada kuartal tersebut. Penjualan dari setiap kategori produk turun, kecuali untuk keuntungan layanan dan iPad.