Tips UMKM Go International, Bikin Produk Indonesia Digemari Pasar Global

YOGYAKARTA - Setiap pengusaha pasti ingin bisnisnya bisa berkembang dan sukses, apalagi sampai go international. Sejumlah pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kawakan maupun muda Indonesia pun sudah berhasil menjual produknya di pasar luar negeri. Jika anda punya misi tersebut, ada tips UMKM go international.

Banyak juga UMKM dalam negeri yang mencoba menembus pasar internasional namun masih gagal. Umumnya kegagalan tersebut disebabkan karena kualitas produk masih rendah sehingga belum mampu bersaing dengan produk-produk lain secara global. 

Perkembangan teknologi digital dan keterbukaannya akses jaringan sebenarnya semakin meningkatkan peluang UMKM untuk masuk ke pasar luar global. Dibutuhkan pengusaha-pengusaha yang kreatif, inovatif, dan disiplin untuk dapat mengejar target tersebut. Anda perlu tahu strategi atau tips agar UMKM go international.

Tips UMKM Go Internasional

Hadirnya teknologi digital telah melahirkan tren jual beli online. Disamping pembelian online yang semakin meningkat, kini juga mulai banyak pelaku-pelaku UMKM yang menawarkan produknya masing-masing. 

Pemerintah Indonesia juga terus mendorong UMKM Indonesia agar bisa masuk ke pasar internasional. Untuk mencapai hal ini, berikut tips yang bisa anda lakukan sebagai pemilik UMKM. 

Menentukan Pasar Sasaran

Langkah pertama yang harus anda lakukan agar UMKM bisa go internasional adalah menentukan target pasar secara jelas. Setiap pebisnis harus bisa mengidentifikasi pasar dari produknya agar menjadi sasaran ekspor. 

Pasar internasional untuk produk-produk high end umumnya masih dikuasai oleh Eropa dan Amerika. Negara-negara Asia biasanya menguasai produk kelas low end . Anda bisa mengambil posisi di tengahnya sebagai strategi menembus pasar global. Utamakan fokus kualitas produk anda dengan meningkatkan nilai produk. Jangan terburu-buru untuk memproduksi dalam jumlah besar.

Memperkuat Manajemen Usaha

Langkah selanjutnya yang perlu pemilik UMKM lakukan agar go international adalah memperkuat manajemen usaha. Bisnis yang memiliki manajemen baik dinilai dari kualitas produk, promosi, penjualan, operasional, hingga pengelolaan keuangan dan aset. Pastikan bisnis anda memiliki manajemen yang bagus agar mampu bersaing di pasar global.

Membidik Tren Global

Tren maupun gaya hidup menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh pengusaha UMKM agar produknya bisa diterima pasar. Anda harus jeli melihat tren yang sedang digemari pada saat ini. Anda bisa mendapat meraup banyak pelanggan apabila produk anda sesuai yang dibutuhkan tren saat ini. 

Pemilik UMKM perlu melakukan riset untuk melihat tren yang sedang berkembang dalam skala internasional. Riset bisa anda lakukan melalui media sosial dan internet. Anda harus giat mencari tahu barang-barang apa yang sedang diminati oleh pasar. 

Kreatif dan Inovatif

Salah satu kunci agar bisnis anda bisa go international adalah berpikir kreatif dan inovatif. Anda perlu menciptakan inovasi pada brand atau produk anda untuk menawarkan sesuatu yang baru dan unik. Produk yang unik bisa menarik perhatian pasar karena menyajikan sesuatu yang istimewa dan berbeda.

Menciptakan suatu inovasi atau produk yang unik memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda bisa melihat berbagai strategi yang sudah dilakukan kompetitor, lalu menerapkan dan mengembangkannya pada brand anda. Pastikan anda menawarkan sesuatu yang berbeda, jangan menjiplak brand lain.

Komunikasi Bisnis

Pengusaha UMKM yang ingin go international tidak hanya dituntut untuk fokus pada produk. Namun juga wajib meningkatkan komunikasi bisnis dengan baik. Dengan terbukanya akses informasi dan komunikasi, anda bisa menjalin komunikasi dengan mitra maupun pasar internasional. Untuk melakukannya, anda tentunya perlu menguasai bahasa Inggris sebagai alat berkomunikasi. 

Mempelajari Prosedur Ekspor

Jangan lupa untuk mempelajari prosedur ekspor untuk bisa mengekspor produk anda dengan lancar. Ada sejumlah ketentuan dan persyaratan yang harus anda penuhi untuk mengirim barang ke luar negeri. Jadi sebelum memasarkan produk anda ke pasar global, lebih baik anda mempelajari terlebih dahulu prosedur ekspor. 

Demikian beberapa tips UMKM go international bagi pemilik bisnis yang ingin menembus pasar global. Sejumlah strategi di atas perlu anda terapkan agar bisnsi anda bisa maju dan sukses. Jangan lupa untuk selalu mengikuti trend dan mengaplikasikannya pada bisnis anda, baik itu dari segi produk, pelayanan, pemasaran, dan lainnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.