Dukung Pemerintah Kendalikan Pandemi COVID-19, Kopra by Mandiri Salurkan Dana Klaim Lebih dari Rp100 Triliun ke 2.000 RS Rujukan
JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) ingin terus berkontribusi bagi Indonesia dengan layanan dan solusi keuangan yang menyeluruh. Di masa pandemi COVID-19, misalnya, perseroan fokus mendukung layanan kesehatan terbaik bagi anggota masyarakat yang terdampak sehingga penyebaran virus ini bisa dikendalikan.
Untuk itu, Bank Mandiri membantu pemerintah menyalurkan pembayaran klaim atas perawatan pasien COVID-19 kepada Rumah Sakit Rujukan. Total, ada lebih dari Rp100 triliun dana klaim yang dibayarkan ke 2.000 Rumah Sakit Rujukan di seluruh Indonesia hingga saat ini.
Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Panji Irawan menjelaskan, dalam melakukan fungsi tersebut pihaknya mengoptimalkan platform Kopra by Mandiri sebagai solusi pembayaran secara masif yang andal dengan tingkat akurasi dan keamanan transaksi yang optimal.
Transaksi pembayaran yang diterima dapat dimonitor secara langsung oleh Rumah Sakit Rujukan sehingga dana yang diterima dapat dioptimalkan untuk memberikan layanan kesehatan terbaik.
"Sebagai bank milik pemerintah, kami tentu diharapkan dapat memberikan manfaat terbaik kepada masyarakat dan ekonomi Indonesia agar bisa selamat dan bangkit dari dampak pandemi COVID-19. Atas dasar itu, kami sangat fokus mendukung pemerintah dalam penyediaan layanan Kesehatan terbaik bagi penderita COVID-19 melalui pemanfaatan super platform Kopra by Mandiri," ujar Panji dalam keterangan tertulisnya, Selasa 3 Januari.
Baca juga:
- Saham GOTO Sudah Anjlok ke Level Rp100, Bos GoTo Gojek Tokopedia Pasrah: di Luar Kontrol dan Pengetahuan Perusahaan
- Resmi Luncurkan Papan Ekonomi Baru, Bursa Efek Harapkan Banyak Perusahaan Unicorn Masuk Pasar Modal
- Terkena Lockup Sentimen, Harga GOTO Jauh di Bawah Konsensus Analis
- Minta Investor Tak Panik Respons Penurunan Saham GOTO, Analis: Tetap Wait and See Sampai Ada Sinyal Positif
Selain menyalurkan dana klaim COVID-19, Bank Mandiri juga membantu Rumah Sakit rujukan dalam menyediakan fasilitas percepatan pembayaran dengan tujuan menjaga likuiditas Rumah Sakit selama periode pandemi. Program fasilitas percepatan pembayaran untuk Klaim COVID-19 melalui Kopra by Mandiri telah membantu lebih dari 100 Rumah Sakit menjaga stabilitas keuangannya di tengah pandemi COVID-19.
"Per September 2022, wholesale digital super platform Kopra by Mandiri telah dimanfaatkan oleh lebih dari 68.000 nasabah wholesale dan pelaku UMKM, termasuk RS dan Fasilitas Kesehatan lokal, dalam mengakselerasi ekspansi usaha dan mendongkrak pendapatan," kata Panji.
Dari jumlah pengguna tersebut, Bank Mandiri mencatat volume transaksi pada Kopra by Mandiri hingga September 2022 mencapai 642 juta transaksi, dengan nilai transaksi sebesar Rp13.420 triliun.