CFD di Kota Bandung Kembali Dibuka 6 November, Walkot: PKL Jangan Banyak Kalau Bisa

JABAR - Kegiatan Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor diizinkan kembali digelar di sejumlah jalan raya di Kota Bandung. Namun dengan syarat, hanya untuk kegiatan olahraga masyarakat.

Hal itu disampaikan Wali Kota (Walkot) Bandung Yana Mulyana menyikapi kasus COVID-19 di Kota Bandung yang sudah terkendali seiring cakupan vaksinasi dan kesadaran akan disiplin prokes yang tinggi.

"Tapi, saya berharap CFD itu untuk sarana olahraga warga. Jangan jadi pusat pasar yang baru. PKL jangan terlalu banyak kalau bisa," kata dia di Bandung, Jawa Barat (Jabar), dikutip dari Antara, Rabu 2 November.

CFD di Kota Bandung biasanya digelar di tiga titik, yakni Jalan Ir H Djuanda atau Dago, Jalan Buah Batu, dan Car Free Night di Jalan Asia Afrika.

Menurut dia, jika semua pihak berkomitmen menjaga kondisi CFD sesuai fungsinya untuk olahraga, maka CFD akan segera digelar kembali mulai Minggu, 6 November 2022.

"Dishub, kepolisian, DLH akan terlibat juga akan membantu. Tapi harus untuk sarana olahraga," tuturnya.

Sejauh ini, kasus COVID-19 di Kota Bandung sebanyak 625 kasus aktif. Namun tingkat keterisian pasien COVID-19 di rumah sakit jumlahnya rendah karena sudah tidak separah saat terjadi penularan varian Delta.

Angka vaksinasi penguat di Kota Bandung sudah melebihi 50 persen dari 2,1 juta orang yang ditargetkan mendapatkan vaksin.