Sudah Mulai Fit, Thibaut Courtois Bisa Kawal Gawang Real Madrid di El Clasico

JAKARTA — Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti mengatakan, Thibaut Courtois sudah berangsur pulih dari cedera. Penjaga gawang utama Los Blancos itu siap tampil di El Clasico melawan Barcelona akhir pekan ini.

Real Madrid dan Barcelona dijadwalkan bersua di Santiago Bernabeu pada Minggu, 16 Oktober nanti. Courtois sebelumnya diragukan kondisinya karena masalah cedera pada pangkal paha.

Namun, perlahan kondisi kiper asal Belgia itu jauh semakin baik. Ia pun diperkirakan bisa diturunkan ketika Madrid menjamu musuh bebuyutan mereka.

"Courtois jauh lebih baik, rencananya adalah memulai pelatihan pada hari Kamis dan siap untuk hari Minggu. Kami sudah berbicara dengannya dan dia jauh lebih baik," ujar Ancelotti, dilansir Sportskeeda.

Pemain internasional Belgia itu sudah absen dalam tiga pertandingan terakhir Madrid. Posisinya digantikan kiper Ukraina Andriy Lunin sejak hasil seri 1-1 melawan Osasuna pada Senin, 3 Oktober lalu.

Ia kemudian absen di dua laga berikutnya, yakni melawan Shakhtar Donetsk dan Getafe. Kiper berusia 30 tahun itu pun diperkirakan belum bisa bermain melawan Shakhtar pada laga dini hari nanti.

"Saya selalu berbicara dengan Lunin karena dia bermain bagus. Dia masih muda dan memiliki banyak kualitas. Satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah mendukungnya," kata Ancelotti.

Lunin yang berusia 23 tahun, telah membuat tiga penampilan untuk El Real di musim ini dengan catatan kebobolan dua gol dan menjaga satu clean sheet.

Courtois telah membuat sembilan penampilan untuk Los Blancos sejauh musim ini. Ia total kebobolan enam gol dan menjaga tiga clean sheet.

Mantan pemain Atletico Madrid itu telah membuat 190 penampilan, kebobolan 176 gol dan menjaga 76 clean sheet sejak kedatangannya dari Chelsea pada 2018 lalu.