Ukir Sejarah Jadi Nomor Satu Dunia Usai Juara US Open 2022, Carlos Alcaraz: Sesuatu yang Saya Impikan Sejak Kecil

JAKARTA — Petenis belia Spanyol Carlos Alcaraz sukses keluar sebagai juara US Open 2022. Ini merupakan gelar grand slam pertama bagi atlet 19 tahun itu.

Alcaraz memenuhi potensinya sebagai juara masa depan dan nomor satu dunia dengan mengalahkan wakil Norwegia Casper Ruud 6-4 2-6 7-6 (7-1) 6-3 dalam final besar pertamanya di Flushing Meadows, Amerika Serikat pada Senin, 12 September dini hari WIB.

"Ini adalah sesuatu yang saya impikan sejak saya masih kecil. Menjadi nomor satu di dunia dan juara Grand Slam," kata Alcaraz seperti dilansir dari BBC Sport.

Kemenangan ini membuat Alcaraz menjadi juara grand slam putra termuda sejak Rafael Nadal memenangkan Roland Garros pada tahun 2005 silam.

Selain itu, ia juga finalis putra US Open termuda sejak Pete Sampras juara di kompetisi itu pada 1990.

Alcaraz memenangkan tiga pertandingan lima set berturut-turut untuk mencapai final. Total ia menghabiskan 20 jam dan 19 menit di lapangan dalam enam pertandingan menuju ke partai final.

"Ini adalah sesuatu yang telah saya kerjakan dengan sangat keras. Ini benar-benar istimewa," ia menambahkan.

Pemenang Madrid Open 2022 ini tiba di Flushing Meadows sebagai petenis nomor empat dunia dan dengan hasil ini maka ia akan naik menempati peringkat satu dunia.

Ia menjadi petenis termuda duduk di posisi teratas ATP sejak 1973 sekaligus petenis Spanyol keempat yang menempati tempat itu setelah Juan Carlos Ferrero, Carlos Moya, dan Rafael Nadal.