Gandeng Inggris, Ridwan Kamil akan Bangun Politeknik Maritim di Patimban

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginginkan masyarakat lokal tak hanya jadi penonton dalam pembangunan kawasan metropolitan Cirebon, Subang dan Majalengka (Rebana). Warga lokal harus jadi komando perputaran roda ekonomi di daerah tersebut.

Salah satu caranya yang dilakukan adalah menggandeng Inggris untuk membangun politeknik maritim guna menunjang kemampuan masyarakat lokal. Politeknik maritim berstandar internasional ini akan dibangun di kawasan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat pada 2021.

"Kami sudah menyiapkan di kawasan kota maritim Patimban ini adalah politeknik maritim. Itu dari Inggris sudah siap, tinggal tunjuk lokasinya. Tahun depan kita akan bangun sekolah politeknik," katanya, dalam webinar secara virtual, Senin, 16 November.

Emil berujar, masyarakat lokal lulusan politeknik maritim tersebut nantinya akan menjadi warga Kota Patimban dengan populasi sekitar 1 juta jiwa.

"Supaya yang bekerja di satu juta penduduk ini punya skill bidang kemaritiman dari sisi bisnisnya, teknisnya, keinsinyurannya yang berkelas. Sehingga tidak ada lagi istilah warga lokalnya tidak memadai, tidak mumpuni," tuturnya.

Sekadar informasi, Rebana Metropolitan merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jawa Barat yang meliputi tujuh daerah, yaitu Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

Sebelumnya, Ridwan Kamil mengatakan, Rebana Metropolitan diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi masa depan di Jawa Barat. Di antaranya melalui pengembangan kawasan industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi, serta berkelanjutan. 

"Dengan Rebana, kita akan melihat 13 kota futuristik. Rebana is the future of West Java. Kawasan Rebana pun menjadi salah satu dari tujuh ekonomi baru di Jabar. Ekonomi baru Jabar diharapkan menjadi solusi dari dinamika dan masalah pembangunan di provinsi seluas 35 ribu kilometer persegi dengan jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa ini," tuturnya, dalam acara West Java Investment Summit, Senin, 16 November.

Mantan Wali Kota Bandung ini mengatakan, dengan Rebana Metropolitan diharpakan dapat memberikan ekonomi yang berkeadilan sosial bagi seluruh warga di kawasan tersebut. Karena itu, dalam proses pembangunan masyarakat lokal harus dilibatkan.