Wagub DKI Minta Waktu Cari Lokasi Alternatif Citayam Fashion Week

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berencana memindahkan lokasi kegiatan Citayam Fashion Week (CFW) dari kawasan Dukuh Atas ke tempat lain.

Namun, Riza menyebut pemindahan lokasi ajang tampil gaya jalanan tersebut memerlukan waktu dan tidak bisa langsung dipindahkan.

"Kan perlu waktu. Tidak bisa serta merta kemudian kita menggusur. Kemudian, kalau mau direlokasi juga harus disiapkan tempatnya yang baik," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 27 Juli.

Pemprov DKI, perlu mencari tempat yang dapat menampung kunjungan para remaja "SCBD" (Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok) dalam jumlah yang banyak. Selain itu, lokasi alternatif ini juga mesti memiliki akses transportasi umum.

Yang tak kalah penting, Riza meminta muda-mudi tersebut untuk tetap menjaga kebersihan, nilai sosial, dan ketertiban selama berada di ruang publik di Jakarta.

"Tolong dijaga ketertibannya, jangan parkir sembarangan di situ apalagi menggunakan bahu jalan, jalur sepeda, trotoar. Jangan sampai pulang malam, ketinggalan kereta lalu tidur di jalan," ucap Riza

"Jangan sampai jadi tempat LGBT. Kemudian juga dibatasi jangan sampai membludak di situ karena dapat meimbulkan kerumunan, karena nanti menjadi penularan COVID-19," lanjutnya.

Sebelumnya, Riza memandang saat ini CFW di tempat penyeberangan orang kawasan Sudirman tersebut tidak tepat lantaran jumlah masyarakat yang ikut serta membludak.

"Karena semua antusias luar biasa, orang ingin tahu, lalu jumlahnya membludak. karena jumlahnya membludak, apa yang terjadi? Jadi banyak yang parkir di trotoar, jalur sepeda. kemudian, orang enggak bisa jalan, tertutup," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 25 Juli.

Riza menyebut ada beberapa lokasi yang bisa digunakan para remaja "SCBD" (Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok) untuk menggelar CFW. Di antaranya adalah Monumen Nasional (Monas) dan Taman Lapangan Banteng.

"Saya usulkan bisa saja di Monas, di area plaza selatan tuh, yang baru. Bisa duduk di situ, ada tribunnya. tempatnya luas. Kedua, Taman Lapangan Banteng, itu juga luas dan keren," ujar Riza.

Selain kedua lokasi tersebut, Riza juga melihat kawasan Kota Tua, Senayan, hingga Kemayoran juga bisa menjadi lokasi CFW.

Kini, Pemprov DKI tengah mempertimbangkan lokasi-lokasi yang paling cocok untuk gelaran fashion show tersebut. Masyarakat, kata dia, bisa ikut mengusulkan lokasi lainnya.

"Silakan teman-teman usulkan apa yang lebih keren. Saya mengerti, teman-teman yang di situ maunya tempatnya yang strategis, mudah diakses. Jadi, kita menghargai mengapresiasi, tapi kita tetap akan cari solusi," urainya.