Optimisme Konsumen Turun, Bank Indonesia Klaim Masih di Level Kuat
JAKARTA – Survei Bank Indonesia (BI) menyebutkan bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2022 tercatat berada di angka 128,2.
Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan level tersebut sedikit menurun jika dibandingkan dengan bukuan Mei 2022 yang sebesar 128,9.
“Optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat dan relatif stabil dibandingkan dengan bulan sebelumnya karena lebih dari indeks 100,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Jumat, 8 Juli.
Menurut Erwin, keyakinan konsumen yang tetap terjaga tersebut ditopang oleh menguatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan, terutama terhadap penghasilan dan lapangan kerja.
“Secara triwulanan, rata-rata IKK selama periode triwulan II 2022 meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya,” tuturnya.
Baca juga:
Erwin menambahkan, nilai rata-rata Indeks Keyakinan Konsumen triwulan II 2022 tercatat sebesar 123,4, lebih tinggi dari 114,6 pada triwulan I 2022.
“Peningkatan tersebut didorong oleh optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, baik terhadap aspek penghasilan, ketersediaan lapangan kerja maupun ketepatan waktu dalam membeli barang tahan lama,” kata dia.
“Sejalan dengan meningkatnya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan juga mengalami peningkatan pada semua aspek, yaitu ketersediaan lapangan kerja, kegiatan usaha, dan penghasilan,” tutup Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono.