Antisipasi Adanya Pengalihan Arus Lalu Lintas, Kereta Jarak Jauh dari Gambir Bisa Berhenti di Jatinegara

JAKARTA - PT KAI Daop I Jakarta mengeluarkan kebijakan pengaturan pola operasi khusus untuk kereta api jarak jauh di stasiun Gambir, Selasa, 13 Oktober. Kebijakan ini dilakukan karena mengantisipasi kemacetan dampak pengalihan arus allu lintas pada hari yang sama.

"Mengantisipasi kemacetan dampak pengalihan arus lalu lintas, keberangkatan kereta api jarak jauh dari stasiun Gambir dapat berhenti di stasiun Jatinegara pada Selasa, 13 Oktober," kata Kahumas PT KAI Daop I Jakarta, Eva Chairunisa, Selasa, 13 Oktober.

Adapun pengaturan pola operasi tersebut dilakukan untuk enam perjalanan KA keberangkatan Stasiun Gambir yang akan berhenti secara khusus di Stasiun Jatinegara untuk melayani pengguna jasa.

Berikut daftar 6 KA keberangkatan Stasiun Gambir yang berhenti di Stasiun Jatinegara:

- KA 7030A Argo Parahyangan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 07.50 WIB

- KA 10 Argo Dwipangga keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.00 WIB 

- KA 4 Argo Bromo Anggrek keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.15 WIB

- KA 44 Argo Parahyangan Excellent keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 15.40 WIB

- KA 72 Bima keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 16.40 WIB

- KA 6 Argo Bromo Anggrek keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 20.30 WIB

Adapun seluruh waktu keberangkatan KA dari Stasiun Gambir tidak mengalami perubahan.

Eva mengatakan, dengan pengaturan pola operasi khusus tersebut, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari resiko kemacetan yang mungkin terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas menuju Stasiun Gambir dan memiliki pilihan untuk dapat berangkat dari Stasiun Jatinegara.

"Saat normal KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, namun khusus Selasa 13 Oktober 2020 akan berhenti di stasiun Jatinegara untuk proses naik turun penumpang. Hal ini dilakukan untuk memudahkan calon penumpang KA agar tidak terdampak kemacetan lalu lintas saat akan menuju Stasiun Gambir dan mengalami keterlambatan," katanya. 

PT KAI mengimbau, calon penumpang dapat mengantisipasi dengan memperkirakan waktu keberangkatan KA-nya, sehingga tidak tertinggal. Selain itu, para calon penumpang KA juga dapat mengetahui informasi perjalanan KA melalui Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial Media @keretaapikita @kai121_